Perjuangan Lucas Cary, Pelajar Australia yang Menempuh Studi di Indonesia

Perjuangan Lucas Cary, Pelajar Australia yang Menempuh Studi di Indonesia

Lucas Cary bersama Julie Bishop Pelopor the New Colombo Plan program © esperanceexpress.com.au

Indonesia yang memiliki banyak daya tarik di bidang pariwisata memang menarik banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Kekayaan alam yang Indonesia miliki tentu memanjakan wisatawan. Namun bagaimana dengan pendidikan Indonesia? Sekarang, bukan hal yang mustahil untuk menarik pelajar asing untuk menimba ilmu di tanah air.

Lucas Cary, seorang pelajar asal Australia yang menghabiskan masa kecil dan masa remajanya di Indonesia tertarik untuk menimba ilmu di Indonesia. Meskipun di tanah kelahirannya siswa ilmu lingkungan dan ilmu kelautan sedang berkembang pesat, Lucas tetap memilih untuk berangkat ke Indonesia kembali untuk menimba ilmu. Lucas yang juga merupakan salah satu dari 125 siswa Australia yang mendapatkan beasiswa prestisius, New Colombo Plan Scholarship.

Rencananya, Juni tahun depan Lucas akan mulai berangkat dan pindah ke Indonesia untuk mendapatkan pengalaman sekali seumur hidupnya untuk belajar di Indonesia dan memperbanyak pengetahuan dan meningkatkan pemahamannya tentang kawasan Indo-Pasifik.

Untuk bisa berkesempatan menimba ilmu di Indonesia, Lucas melalui banyak tahapan dan seleksi dengan 125 pesaingnya. Nilai akademiknya yang cemerlang ditunjukan dengan perolehan nilai ATAR (Australian Tertiary Admission Rank, yakni angka yang menunjukkan posisi siswa relatif terhadap semua siswa dalam kelompok usia mereka dan menjadi acuan bagi universitas untuk menyeleksi calon mahasiswa mereka) tertinggi di antara kelompoknya.

Tidak berhenti di situ, Lucas juga harus mencapai hasil akademik yang tinggi untuk dapat mengajukan permohonan beasiswa, dan terpilih sebagai salah satu dari 10 siswa University of Western Australia yang akan menjalani wawancara tatap muka dengan para pemimpin di Canberra.

Setelah lulus seleksi, Lucas memutuskan untuk menyelesaikan studinya di Institut Pertanian Bogor, Jawa Barat. Lucas mendapatkan kesempatan tinggal di Indonesia selama 18 bulan. Selama 18 bulan tersebut, Lucas melakukan segala hal yang harus dia lakukan untuk menyelesaikan studinya.

Menurut lansiran The West Australia, Lucas menjelaskan beberapa hal yang harus dilakukannya untuk menyelesaikan studinya di Indonesia “Untuk melengkapi komponen studi saya, saya akan melakukan beberapa magang dalam penelitian dan konservasi terestrial dan kelautan di wilayah ini (Indonesia), menyelidiki bidang-bidang utama seperti perubahan iklim, perikanan berkelanjutan dan konservasi terumbu karang melalui membangun dan mempertahankan hubungan antar-orang dan kelembagaan yang kuat," ucap Lucas.

Selain itu, Lucas juga menjelaskan bahwa dengan ia menimba ilmu di Indonesia diharapkan hubungan Indonesia dalam berbagai bidang dapat terjalin dengan baik. “Beasiswa The New Colombo Plan dimaksudkan untuk menjadi transformasional, memperdalam hubungan Australia di kawasan ini (Indonesia), baik di tingkat individu maupun melalui perluasan universitas, bisnis, dan hubungan lainnya,” tutur Lucas.


Sumber: thewest.com.au

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Pemerintah Bogor Terbukti Peduli Kesehatan Masyarakatnya dengan Tersedianya Layanan Ini Sebelummnya

Pemerintah Bogor Terbukti Peduli Kesehatan Masyarakatnya dengan Tersedianya Layanan Ini

Berkat Usaha Anak Bangsa, Diplomasi Indonesia - Mesir Semakin Kuat Selanjutnya

Berkat Usaha Anak Bangsa, Diplomasi Indonesia - Mesir Semakin Kuat

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.