Tahukah Kamu Bahwa Ekspor Komoditas Ini di Tahun 2018 Meningkat Pesat?

Tahukah Kamu Bahwa Ekspor Komoditas Ini di Tahun 2018 Meningkat Pesat?

Perkebunan nanas © Sumber: Medcom.id

Kementerian Pertanian Republik Indonesia telah mengumumkan bahwa ekspor komoditas hortikultura tumbuh signifikan pada tahun 2018 lalu, dengan ekspor buah melonjak 26,27 persen dibandingkan dengan angka tahun sebelumnya.

“Ekspor manggis melonjak 500 persen,” kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman di Bandung baru-baru ini, menambahkan bahwa sementara ekspor hortikultura secara keseluruhan meningkat 11,92 persen atau 5 triliun rupiah tahun lalu.

Kementerian Pertanian mengatakan 42 jenis komoditas hortikultura seperti nanas, manggis, mangga, dan kacang buncis diekspor ke 12 negara termasuk Singapura, Thailand, Arab Saudi, Cina, dan Australia.

Manggis Purwakarta | Sumber: YouTube
Manggis Purwakarta | Sumber: YouTube

Sebagian besar komoditas tersebut diproduksi oleh petani di Jawa Barat dan diekspor oleh PT Alamanda Sejati Utama, eksportir pertanian swasta Indonesia.

Amran mengatakan ekspor akan terus meningkat mengikuti reformasi kebijakan tertentu, seperti sistem lisensi pengiriman tunggal online 24 jam dan sistem lisensi bisnis berbasis web, yang diluncurkan tahun lalu.

Pemerintah telah mencabut 291 peraturan karena menghambat kelancaran proses perizinan untuk ekspor, tambahnya.

Amran mengatakan peningkatan ekspor pertanian adalah prioritas utama kementerian dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan meningkatkan ekonomi negara dengan meningkatkan kualitas komoditas dalam hal kebersihan dan keamanan seperti yang diminta oleh negara tujuan.


Sumber: Jakarta Post

Pilih BanggaBangga67%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi33%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

3 dari 5 Pulau Populer Dunia ada di Indonesia. Pulau Apa Saja? Sebelummnya

3 dari 5 Pulau Populer Dunia ada di Indonesia. Pulau Apa Saja?

Islamic Center Indonesia akan Dibangun di Kota Dingin di AS Selanjutnya

Islamic Center Indonesia akan Dibangun di Kota Dingin di AS

Vita Ayu Anggraeni
@ayuvitaa

Vita Ayu Anggraeni

I work here because I value positivity. In the midst of social media era I wish that everyone builds harmony through positivity, so I start from myself.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.