Tahun ini target daerah Indonesia yang dialiri listrik dicanangkan 99,9%. Angka ini meningkat dari tahun sebelumnya yang menargetkan 98,3% daerah teraliri listrik.

Untuk mewujdkan target tersebut, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Andy Noorsaman Sommeng, mengatakan bahwa ada dua daerah yang difokuskan untuk segera dialiri listrik, yakni Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Papua.

Ini dikarenakan cukup banyak kendala untuk mengalirkan listrik di kedua daerah tersebut. Di NTB terkendala dengan kerasnya tanah yang membuat tiang listrik sulit didirikan, sedangkan Papua terhambat dengan akses jalan yang terbatas. Namun, solusi akan segera dicarikan oleh PLN.

“Di NTB ada pernyataan untuk menegakkan satu tiang saja setengah mati di sana. Tanahnya sangat keras. Banyak vendor meninggalkan begitu saja padahal udah tanda tangan. Itu kami cecar terus bukan solusi. Jadi ini harus dipercepat kami minta PLN dicarikan solusi,” ujar Andy, dikutip dari Liputan6.

“Dan kondisi tanah untuk tiangnya sangat keras sehingga sangat dicarikan. Bila perlu ada koordinasi dengan TNI Polri. Jadi vendornya menyelesaikan pada saat ditempat,” imbuhnya.

Sementara itu untuk kendala pengaliran listrik di Papua, dirinya yakin persoalan itu akan segera teratasi. Sebab dengan adanya jalur Trans Papua, permasalahan akses jalan dapat terpecahkan.

“Untuk yang Papua kan ada Trans Papua mereka sudah melihat kondisi di sana mudah mudahan tahun ini bisa,” pungkasnya.


Sumber: Liputan6

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu