Candi-candi Tertinggi di Bumi Pertiwi

Candi-candi Tertinggi di Bumi Pertiwi

Komplek candi di Dataran Tinggi Dieng © Wacana Nusantara

Berkunjung ke candi menjadi salah satu opsi menarik untuk mengisi waktu libur di akhir pekan. Sebab, candi-candi di Indonesia tak hanya menawarkan panorama alam yang indah, tapi juga menyajikan nilai sejarah yang tinggi.

Sebagai negara yang dulunya terdiri dari banyak kerajaan, keberadaan candi di Indonesia tersebar luas, mulai dari dataran rendah sampai dataran tinggi. Nah, khusus untuk yang di dataran tinggi nih, apakah Kawan GNFI tahu candi-candi apa saja yang berdiri kokoh ratusan meter di atas permukaan laut Indonesia?

Sunset di Candi Ijo | Foto: Alodia Tour
Sunset di Candi Ijo | Foto: Alodia Tour

Candi Ijo

Candi yang sedang populer di Yogyakarta, seiring Tebing Breksi yang pamornya semakin meningkat. Sebab, Candi Ijo adalah candi yang letaknya berdekatan dengan Tebing Breksi, di bukit yang ketinggiannya mencapai 425 mdpl. Ini adalah candi tertinggi di Yogyakarta.

Candi Sukuh | Foto: Wahyu/detikTravel
Candi Sukuh | Foto: Wahyu/detikTravel

Candi Sukuh

Bergeser ke sisi barat gunung Lawu, kabupaten Karanganyar, kita akan menjumpai Candi Sukuh, yang berdiri di ketinggian 1.100 mdpl. Ketinggian ini membuat Candi Sukuh kerap dikelilingi kabut, dan yang menarik lagi adalah bentuk bangunannya. Mirip seperti kuil suku Maya, bukan?

Komplek Candi Gedong Songo | Foto: Tribun Jateng
Komplek Candi Gedong Songo | Foto: Tribun Jateng

Komplek Candi Gedong Songo

Masih di Jawa Tengah, terdapat pula komplek percandian Gedong Songo di Semarang. Namun walau bernama “songo” yang berarti “sembilan” dalam bahasa Jawa, baru ditemukan lima candi di komplek ini. Ketinggiannya sekitar 1.200-1.400 mdpl.

Gapura Candi Cetho | Foto: karanganyarkab.go.id
Gapura Candi Cetho | Foto: karanganyarkab.go.id

Candi Cetho

Kembali ke Karanganyar, ada Candi Cetho yang bertetangga dengan Candi Kethek. Konon dinamakan Candi Cetho karena dari titik teratas candi ini kita dapat memandangi hamparan Kebun Teh Kemuning dengan cetho (jelas). Keunikan lainnya adalah untuk memasuki kawasan Candi Cetho, pengunjung diwajibkan memakai kain poleng seperti di Bali.

Candi Kethek | Foto: Ngargoyoso
Candi Kethek | Foto: Ngargoyoso

Candi Kethek

“Tetangga” dari Candi Cetho, yang keduanya sama-sama berdiri di ketinggian 1.500 mdpl. Bentuk candi ini berbeda dengan candi-candi lainnya di Indonesia, karena berupa pundek berundak tanpa stupa. Letaknya cukup tersembunyi, berada di pinggi hutan pinus leren gunung Lawu.

Candi di Dieng | Foto: Javaloka
Candi di Dieng | Foto: Javaloka

Komplek Candi Dieng

Nah ini dia candi tertinggi di Indonesia! Salah satu keindahan di Dataran Tinggi Dieng selain Telaga Warna dan Bukit Sikunir, adalah kompleks percandian yang terdiri dari Candi Arjuna, Candi Bima, Candi Gatotkaca, Candi Srikandi, Candi Sembadra, dan Candi Semar. Semuanya dinamakan dari tokoh wayang, dan berada di ketinggian sekitar 2,000 mdpl. Bbbrrrr…


Sumber: Kompas.com

Pilih BanggaBangga64%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi18%
Pilih TerpukauTerpukau18%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Rencana Jam Kerja Fleksibel untuk Wanita Indonesia Sebelummnya

Rencana Jam Kerja Fleksibel untuk Wanita Indonesia

Malang Menargetkan Jadi Destinasi Internasional Selanjutnya

Malang Menargetkan Jadi Destinasi Internasional

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.