Candi-candi Tertinggi di Bumi Pertiwi

Candi-candi Tertinggi di Bumi Pertiwi
info gambar utama

Berkunjung ke candi menjadi salah satu opsi menarik untuk mengisi waktu libur di akhir pekan. Sebab, candi-candi di Indonesia tak hanya menawarkan panorama alam yang indah, tapi juga menyajikan nilai sejarah yang tinggi.

Sebagai negara yang dulunya terdiri dari banyak kerajaan, keberadaan candi di Indonesia tersebar luas, mulai dari dataran rendah sampai dataran tinggi. Nah, khusus untuk yang di dataran tinggi nih, apakah Kawan GNFI tahu candi-candi apa saja yang berdiri kokoh ratusan meter di atas permukaan laut Indonesia?

Sunset di Candi Ijo | Foto: Alodia Tour
info gambar

Candi Ijo

Candi yang sedang populer di Yogyakarta, seiring Tebing Breksi yang pamornya semakin meningkat. Sebab, Candi Ijo adalah candi yang letaknya berdekatan dengan Tebing Breksi, di bukit yang ketinggiannya mencapai 425 mdpl. Ini adalah candi tertinggi di Yogyakarta.

Candi Sukuh | Foto: Wahyu/detikTravel
info gambar

Candi Sukuh

Bergeser ke sisi barat gunung Lawu, kabupaten Karanganyar, kita akan menjumpai Candi Sukuh, yang berdiri di ketinggian 1.100 mdpl. Ketinggian ini membuat Candi Sukuh kerap dikelilingi kabut, dan yang menarik lagi adalah bentuk bangunannya. Mirip seperti kuil suku Maya, bukan?

Komplek Candi Gedong Songo | Foto: Tribun Jateng
info gambar

Komplek Candi Gedong Songo

Masih di Jawa Tengah, terdapat pula komplek percandian Gedong Songo di Semarang. Namun walau bernama “songo” yang berarti “sembilan” dalam bahasa Jawa, baru ditemukan lima candi di komplek ini. Ketinggiannya sekitar 1.200-1.400 mdpl.

Gapura Candi Cetho | Foto: karanganyarkab.go.id
info gambar

Candi Cetho

Kembali ke Karanganyar, ada Candi Cetho yang bertetangga dengan Candi Kethek. Konon dinamakan Candi Cetho karena dari titik teratas candi ini kita dapat memandangi hamparan Kebun Teh Kemuning dengan cetho (jelas). Keunikan lainnya adalah untuk memasuki kawasan Candi Cetho, pengunjung diwajibkan memakai kain poleng seperti di Bali.

Candi Kethek | Foto: Ngargoyoso
info gambar

Candi Kethek

“Tetangga” dari Candi Cetho, yang keduanya sama-sama berdiri di ketinggian 1.500 mdpl. Bentuk candi ini berbeda dengan candi-candi lainnya di Indonesia, karena berupa pundek berundak tanpa stupa. Letaknya cukup tersembunyi, berada di pinggi hutan pinus leren gunung Lawu.

Candi di Dieng | Foto: Javaloka
info gambar

Komplek Candi Dieng

Nah ini dia candi tertinggi di Indonesia! Salah satu keindahan di Dataran Tinggi Dieng selain Telaga Warna dan Bukit Sikunir, adalah kompleks percandian yang terdiri dari Candi Arjuna, Candi Bima, Candi Gatotkaca, Candi Srikandi, Candi Sembadra, dan Candi Semar. Semuanya dinamakan dari tokoh wayang, dan berada di ketinggian sekitar 2,000 mdpl. Bbbrrrr…


Sumber: Kompas.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini