Pelayanan Sosial dalam Pelaksanaan Kesejahteraan Sosial Anak

Pelayanan Sosial dalam Pelaksanaan Kesejahteraan Sosial Anak

Lembaga Kesejahteraan Anak

Pada dasarnya permasalahan anak terlantar itu disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya konflik keluarga , anak yang mengalami masalah pengasuhan seperti anak yatim piatu, anak yang mengalami tindakan kekerasan, dan anak yang kebutuhan dasarnya tidak terpenuhi.

Panti Asuhan adalah suatu lembaga kesejahteraan sosial yang menangani pelayanan bagi anak terlantar. Di panti, anak mendapatkan pelayanan pengganti orang tua sehingga anak dapat berkembang dengan baik secara fisik maupun psikologis, dan anak memliki keluarga yang utuh serta dapat terpenuhi kebutuhannya.

Pelayanan Sosial dalam Pelaksanaan Kesejahteraan Sosial adalah

  • Terpenuhinya kebutuhan jasmani dengan baik seperti dalam bidang: Kebutuhan pokok hidup secara layak, yaitu sandang pangan dan papan, Pemeliharaan kesehatan dengan baik, Pemenuhan kebutuhan pengisian waktu luang.
  • Terpenuhinya kebutuhan rohaniah dengan baik, seperti dalam bidang: Kebutuhan kasih sayang, baik dari keluarga maupun dari masyarakat, Peningkatan gairah hidup dan tidak merasa khawatir dalam menghadapi sisa hidupnya.
  • Terpenuhinya kebutuhan sosial dengan baik terutama hubungan baik dengan masyarakat sekitarnya.

Seperti halnya yang dilakukan Panti Asuhan Putri Aisyiyah di Dau, Malang, yang merupakan lembaga kesejahteraan sosial anak yang memberikan pelayanan terhadap anak yatim piatu, dhuafa, dan anak terlantar.

Dengan adanya Panti Putri Aisyiyah diharapkan anak-anak yang sudah tidak mempunyai orang tua tetap bisa merasakan kebahagiaan. Pelayanan yang tersedia yaitu menyediakan panti sebagi tempat tumbuh dan berkembang anak, menyediakan pendidikan, dan pelayanan lainya untuk upaya pengentasan anak asuh.

Di samping itu, didirikannya Panti Asuhan Putri Aisyiyah sebagai wujud kepedulian pada anak. Panti Asuhan Putri Aisyiyah berbasis pesantren, sehingga anak-anak yang tinggal di sana tidak hanya sekolah saja tetapi juga mengaji untuk memperdalam ilmu agama mereka.

Dengan terpenuhinya kebutuhan anak asuh di Panti Asuhan Aisyiyah, diharapkan untuk meningkatkan proses pelayanan sosial anak guna untuk membuat panti lebih baik, sehingga kesejahteraan anak di panti asuhan dapat menjamin terwujudnya kesejahteraan anak terutama dalam hal pengawasan.


Sumber: Buku Bagong suyanto, Masalah Sosial Anak

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli100%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Aditya Jaya Iswara

Ada yang Baru Nih di Jogja! Apa ya Kira-kira? Sebelummnya

Ada yang Baru Nih di Jogja! Apa ya Kira-kira?

Indonesia dan Brunei (Mungkin) Saling Iri Selanjutnya

Indonesia dan Brunei (Mungkin) Saling Iri

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.