Kuliner-Kuliner Khas Bogor yang Wajib Kamu Coba!

Kuliner-Kuliner Khas Bogor yang Wajib Kamu Coba!

doclang © pringansari.co.id

Bogor kota hujan. Sebutan itu adalah yang paling terkenal untuk Bogor. Istilah ini tentunya ada karena Bogor yang berada di dataran tinggi sehingga curah hujannya juga lebih tinggi dan udaranya pun lebih sejuk.

Namun pesona Bogor tak hanya sebatas di udara sejuknya saja, wisata kulinernya pun menyediakan berbagai macam variasi makanan yang memanjakan lidah dan memikat mata. Apa saja makanan-makanan tersebut? Yuk kita tengok 9 di antaranya!

Soto Mie Bogor

Siapa sih yang nggak tahu makanan berkuah yang satu ini? Soto mie merupakan makanan yang terdiri dari mie, kuah kaldu berbumbu, dan beberapa isian lainnya, tergantung jenis soto tersebut. Jenis dan variasi resep soto mie yang sering ditemukan adalah yang dibuat dari bahan ayam, daging sapi, atau jeroan sapi seperti babat, urat, atau kaki sapi.

Tak hanya itu, soto mie juga disajikan bersama bihun dan irisan kentang sebagai karbohidratnya. Yang membuat unik soto mie Bogor ini, adalah bahan utamanya yaitu urat kaki sapi, babat, dan mie yang juga ditambah potongan risoles. Makanan hangat dan berkuah ini tentunya sangat cocok untuk menghangatkan badan dan disantap di tengah cuaca Bogor yang dingin

Cungkring

Makanan khas Bogor yang sudah sulit ditemukan keberadaannya ini merupakan makanan yang berbahan dasar kaki sapi. Ada dua versi cungkring yang masih menjadi perdebatan di tengah penikmatnya. Pertama cungkring dengan bahan dasar kulit sapi yang ditusuk seperti sate dan diberikan bumbu, ada pula yang menganggap cungkring adalah makanan yang berbahan dasar beberapa bagian kaki sapi yang tidak ditusuk seperti sate.

Tauge Goreng

Hidangan vegetarian satu ini cukup menjadi primadona karena rasanya yang gurih. Rasa gurih yang ada tauge goeng ini didapatkan dari rasa saus atau kuah kental yang mengandung berbagai macam bumbu dan rempah. Meskipun namanya tauge goreng, tentu ada bahan makanan pendamping lainnya yang biasa dilahap bersama tauge ini.

Dalam sepiring tauge goreng yang disajikan biasanya terdiri dari tauge, irisan tahu, ketupat atau lontong beserta mie kuning. Berbeda dengan cungkring yang sudah sulit ditemukan, tauge goreng ini mudah ditemukan di daerah Jabodetabek sehingga jika sewaktu-waktu rindu tauge goreng, bisa dengan mudah ditemukan di sana.

Doclang

Berbahan dasar lontong dengan siraman bumbu kacang kental, ini membuat doclang juga memiliki banyak penggemar. Sayangnya, sekarang keberadaan doclang sudah sulit ditemui. Di doclang ini juga terdapat kentang, tahu, kerupuk dan telur rebus. Uniknya lontong yang digunakan dalam santapan ini adalah lontong yang dibungkus dengan daun patat. Oleh karena doclang biasa ditemukan di pagi hari, makanan ini kebanyakan dimakan untuk sarapan.

Asinan Bogor

Asinan Bogor yang merupakan makanan yang sudah sangat lumrah bagi masyarakat karena mudah ditemui di mana saja. Asinan Bogor ini merupakan kuliner tradisional yang berisi sayuran dan buah yang dicampur dengan kuah pedas yang diambil dari saripati cabai merah.

Laksa Bogor

Laksa bogor merupakan makanan yang memiliki kemiripan dengan laksa Betawi. Perbedaan laksa Bogor ini menggunakan oncom pada bumbunya. untuk bahan dasar sendiri, laksa Bogor menggunakan ketupat, bihun, tauge dan daun kemangi sebagai bahan dasar.

Gepuk Karuhun

Merupakan makanan berbahan dasar daging sapi yang diolah dengan resep khusus. Sesuai dengan namanya, “karuhun” yang berarti “leluhur” daging sapi ini diolah dengan resep khusus dari leluhur yang diwariskan secara turun menurun. Makanan yang memiliki cita rasa gurih karena bumbunya yang dimasak hingga menyerap ke dalam daging ini memiliki banyak penggemar dari segala macam usia.

Lapis Bogor

berbeda dengan makanan sebelumnya, Lapis Bogor ini merupakan kudapan yang cocok dijadikan untuk oleh-oleh. Lapis Bogor berbahan dasar talas yang juga dikenal sebagai salah satu oleh-oleh dari Bogor. Makanan ini memiliki tekstur yang lembut dan umumnya diberi topping keju, dan masih banyak rasa lainnya yang tersedia di setiap outletnya.

Roti Unyil

Seperti namanya, roti Unyil ini merupakan roti berukuran mini dengan berbagai macam isian. Roti ini sangat cocok untuk dijadikan kudapan dan untuk oleh-oleh, Adakah di antara kalian yang pernah menyantap roti Unyil? Bersama Pak Ogah mungkin, atau Usro.


Sumber:

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SDS Surya Bahagia Gelar Parenting Bersama Konsultan Relawan Sekolah Literasi Indonesia Sebelummnya

SDS Surya Bahagia Gelar Parenting Bersama Konsultan Relawan Sekolah Literasi Indonesia

Perairan di Indonesia dengan Kemunculan Lumba-Lumba (Bagian I) Selanjutnya

Perairan di Indonesia dengan Kemunculan Lumba-Lumba (Bagian I)

Dea Apriliani
@deaaapriliani

Dea Apriliani

journalist student.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.