Cobain Yuk! Inilah Beberapa Salad Khas Indonesia (Part I)

Cobain Yuk! Inilah Beberapa Salad Khas Indonesia (Part I)

Craftlog

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Di negara-negara Eropa, Salad adalah menu atau hidangan sehari-hari masyarakatnya. Biasanya Salad dikonsumsi ketika sarapan atau makan malam. Salad di Eropa menggunakan campuran buah, sayur dan mayonaise sebagai sausnya.

Hampir sama dengan di Indonesia, negara kita memiliki menu yang hampir sama dengan di Eropa. Salad di Indonesia menggunakan sayur dan terkadang ada tambahan buah, dengan saus kacang yang gurih. Selain itu, Salad di Indonesia memiliki keunikan masing-masimg, tergantung asal salad tersebut. Di kutip dari TribunNews, ternyata salad Indonesia bukan hanya Gado-gado saja lho, berikut macamnya :

sumber : merahputih
sumber : merahputih
  1. Trancam

Nama menu salad asli Indonesia ini terdengar unik, Trancam merupakan salad atau makanan khas Jawa Tengah. Sekilas terlihat mirip dengan urap dan terbuat dari bahan-bahan seperti tauge, kacang panjang, daun kemangi, kenikir, irisan halus sawi putih, kelapa parut berbumbu bawang putih dan cabai. Bahan rahasia dari Trancam adalah kencur, rempah itulah yang membuat trancam menjadi istimewa.

Sumber : SINDOnews
  1. Urap

Urap biasanya menjadi salah satu menu tambahan pada nasi tumpeng atau nasi campur. Bahan-bahannya terdiri dari kangkung, daun singkong, daun pepaya muda, kacang panjang, taoge, dan kubis. Ditambah dengan Kelapa parut yang telah dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, dan cabai merah yang dihaluskan. Keistimewaan dari Urap terdapat pada bumbu kelapa parutnya yang spesial.

Sumber : AremaFood
  1. Rujak Cingur

Rujak Cingur adalah makanan khas Jawa Timur. Kuliner yang satu ini sangat terkenal karena memiliki rasa yang unik dengan bahan-bahan yang bisa dikatakan “aneh” untuk dimakan.

Rujak Cingur adalah salah satu makanan yang kaya rasa, karena terdiri dari bahan-bahan manis, asam, asin, seperti irisan buah seperti timun, kerahi (krai, yaitu sejenis timun khas Jawa Timur), bengkuang, mangga muda, nanas, kedondong, kemudian ditambah lontong, tahu, tempe, bendoyo, serta sayuran seperti kecambah/taoge, kangkung, dan kacang panjang. Untuk bumbunya terbuat dari olahan petis udang, air matang untuk sedikit mengencerkan, gula/gula merah, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, garam, dan irisan tipis pisang biji hijau yang masih muda (pisang klutuk). Uniknya, makanan ini diberi tambahan Cingur atau Mulut/moncong sapi yang sudah dibersihkan dan dimasak.

--

Sumber : TribunNews, Wikipedia, Arema Food. SINDO, Merahputih

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang100%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Petuah Jet Commerce untuk Pasar Ekspor Indonesia Sebelummnya

Petuah Jet Commerce untuk Pasar Ekspor Indonesia

Pohon Pengantin Salatiga, Pohon Kesepian Penyatu Dua Insan Selanjutnya

Pohon Pengantin Salatiga, Pohon Kesepian Penyatu Dua Insan

Fachrezy Zulfikar
@fachrezy

Fachrezy Zulfikar

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.