Cobain Yuk! Inilah Beberapa Salad Khas Indonesia (Part I)

Cobain Yuk! Inilah Beberapa Salad Khas Indonesia (Part I)
info gambar utama

Di negara-negara Eropa, Salad adalah menu atau hidangan sehari-hari masyarakatnya. Biasanya Salad dikonsumsi ketika sarapan atau makan malam. Salad di Eropa menggunakan campuran buah, sayur dan mayonaise sebagai sausnya.

Hampir sama dengan di Indonesia, negara kita memiliki menu yang hampir sama dengan di Eropa. Salad di Indonesia menggunakan sayur dan terkadang ada tambahan buah, dengan saus kacang yang gurih. Selain itu, Salad di Indonesia memiliki keunikan masing-masimg, tergantung asal salad tersebut. Di kutip dari TribunNews, ternyata salad Indonesia bukan hanya Gado-gado saja lho, berikut macamnya :

sumber : merahputih
info gambar
  1. Trancam

Nama menu salad asli Indonesia ini terdengar unik, Trancam merupakan salad atau makanan khas Jawa Tengah. Sekilas terlihat mirip dengan urap dan terbuat dari bahan-bahan seperti tauge, kacang panjang, daun kemangi, kenikir, irisan halus sawi putih, kelapa parut berbumbu bawang putih dan cabai. Bahan rahasia dari Trancam adalah kencur, rempah itulah yang membuat trancam menjadi istimewa.

Sumber : SINDOnews
info gambar
  1. Urap

Urap biasanya menjadi salah satu menu tambahan pada nasi tumpeng atau nasi campur. Bahan-bahannya terdiri dari kangkung, daun singkong, daun pepaya muda, kacang panjang, taoge, dan kubis. Ditambah dengan Kelapa parut yang telah dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, dan cabai merah yang dihaluskan. Keistimewaan dari Urap terdapat pada bumbu kelapa parutnya yang spesial.

Sumber : AremaFood
info gambar
  1. Rujak Cingur

Rujak Cingur adalah makanan khas Jawa Timur. Kuliner yang satu ini sangat terkenal karena memiliki rasa yang unik dengan bahan-bahan yang bisa dikatakan “aneh” untuk dimakan.

Rujak Cingur adalah salah satu makanan yang kaya rasa, karena terdiri dari bahan-bahan manis, asam, asin, seperti irisan buah seperti timun, kerahi (krai, yaitu sejenis timun khas Jawa Timur), bengkuang, mangga muda, nanas, kedondong, kemudian ditambah lontong, tahu, tempe, bendoyo, serta sayuran seperti kecambah/taoge, kangkung, dan kacang panjang. Untuk bumbunya terbuat dari olahan petis udang, air matang untuk sedikit mengencerkan, gula/gula merah, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, garam, dan irisan tipis pisang biji hijau yang masih muda (pisang klutuk). Uniknya, makanan ini diberi tambahan Cingur atau Mulut/moncong sapi yang sudah dibersihkan dan dimasak.

--

Sumber : TribunNews, Wikipedia, Arema Food. SINDO, Merahputih

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini