Gerbang Menuju Danau Toba Ini Akan Diperluas

Gerbang Menuju Danau Toba Ini Akan Diperluas
info gambar utama

Bandara Internasional Silangit di Sumatera Utara yang kini telah resmi berganti nama menjadi bandara internasional Sisingamangaraja XII akan mengalami perluasan ukuran hingga hampir lima kali dari ukuran yang ada saat ini.

Seperti dilansir dari kompas.com, direktur utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan pada hari Senin bahwa pariwisata di sekitar Danau Toba meningkat setelah bandara tersebut direvitalisasi pada tahun 2017 lalu, yang memungkinkan penerbangan langsung dari Jakarta bahkan Singapura.

Sumber: Wikimedia
info gambar

"Bandara ini harus memiliki kapasitas untuk 1 juta penumpang per tahun," kata Awaluddin. “Ini adalah akses utama bagi para wisatawan yang bepergian ke Danau Toba, yang telah dinobatkan sebagai salah satu tujuan 'Bali Baru'.”

Landasan pacu bandara juga akan diperluas, dari 2.400 x 30 meter menjadi 2.650 x 45 meter, hingga mengakomodasi pesawat yang lebih besar seperti Boeing 737-800 NG.

Sumber: SkyscrapperCity
info gambar

Selain itu, fasilitas parkir bandara akan diperluas menjadi 8.231 meter persegi, sementara gudang kargo seluas 2.250 meter persegi juga akan menjadi agenda dalam perluasan bandara Silangit.

Bandara ini telah mencatat peningkatan terus-menerus dalam jumlah penumpang sejak 2017, hingga 425.476 orang tahun lalu. Perluasan ini dimaksudkan untuk menggandakan kapasitas bandara saat ini untuk 500.000 penumpang per tahun.


Sumber: Jakarta Post

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini