Nostalgia Tembang Kenangan di Era Milenial

Nostalgia Tembang Kenangan di Era Milenial

Almarhum Chrisye © Sumber: BreakingNews.co.id

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.”

Kalimat tersebut merupakan kalimat dari Presiden pertama Republik Indonesia, Presiden Soekarno pada saat memberikan pidato Hari Pahlawan 10 November 1961.

Pada konteks saat itu, pahlawan mengarah pada mereka yang telah gugur mendahului kita dalam merebut kemerdekaan bangsa.

Konteks masa kini, pahlawan dapat diartikan kepada siapa saja yang berjasa kepada diri kita. Bisa jadi orang tua, guru, keluarga, teman, siapapun. Berkat jasa atau bantuan dari orang-orang tersebut pastinya mereka akan tersimpan dalam hati secara lekat.

Koes Plus | Sumber: Merah Putih
Koes Plus | Sumber: Merah Putih

Dalam konteks musik pop Indonesia, banyak pula musisi dan tokoh penting yang bisa kita kategorikan sebagai pahlawan yang menorehkan sejarah. Sebut saja Koes Plus, Titiek Puspa, Mus Mualim, Bing Slamet, Lili Soerjani, dan banyak lagi.

Generasi sekarang yang disebut generasi milenial mungkin tidak mengenali nama-nama yang disebutkan di atas karena memang masanya yang sudah berkembang.

Tapi saat saya kecil, sekitar 16 tahun yang lalu, saya familiar dengan nama Chrisye berkat sebuah sinetron berjudul Kisah Kasih di Sekolah, sebuah judul yang sama dengan lagu yang mengiringinya. Lagu tersebut dinyanyikan oleh Chrisye.

Sejak saat itu, saya sering mendengarkan lagu-lagu milik Chrisye.

Yockie Suryoprayogo | Sumber: Breakingnews.co.id
Yockie Suryoprayogo | Sumber: Breakingnews.co.id

Dibandingkan dengan Koes Plus, Bing Slamet, Titiek Puspa yang lagu-lagunya lebih dulu dikenal, Chrisye merupakan nama baru yang muncul di paruh kedua tahun 1970-an. Bersamaan dengan nama-nama lain seperti Guruh Soekarno Putra, Erros Djarot, Yockie Suryoprayogo, Keenan Nasution, Fariz RM, dan beberapa nama lainnya.

Dari generasi ini lahir album musik legendaris seperti Guruh Gipsy milik Guruh Soekarno Putra, Badai Pasti Berlalu milik Eros Djarot, Di Batas Angan-Angan milik Keenan, dan Sabda Alam milik Chrisye.

Untuk mengobati kerinduan pada pahlawan musik pop Indonesia yang menjadi legenda pada masanya tersebut, banyak musisi generasi muda yang membuat remake dari lagu-lagu yang booming pada masanya tersebut.

Tak hanya itu, beberapa konser yang bertajuk tribute to yang dikhususkan untuk para pemusik legendaris ini pun turut digelar untuk mengobati kerinduan tersebut.

Sumber: Istimewa
Harvey Malaihollo | Sumber: Istimewa

Salah satunya yang akan digelar dalam waktu dekat ialah konser penghormatan untuk nama dan karya besar Erros, Chrisye, dan Yockie yang dibalut dalam sebuah konser bertajuk “Erros Chrisye Yockie: Tembang Persada Sang Tritunggal.

Konser ini akan berlangsung di Surabaya, tepatnya di Ballroom Grand City Mall & Convex pada tanggal 14 Februari 2019 ini.

Tentu saja sederet musisi tanah air seperti Harvey Malaihollo, Marcell Siahaan, Bonita Adi, Trisoul, hingga Wizzy akan meramaikan konser ini dengan dipimpin oleh Krisna Prameswara selaku Music Director.

Marcell Siahaan | Sumber: Istimewa
Marcell Siahaan | Sumber: Istimewa

Tak hanya bertujuan mengobati kerinduan, konser ini juga membawa pesan untuk mengedepankan dan mengkomunikasikan peran dari Erros, Chrisye, dan Yockie sendiri dalam pengabdian dan karya ciptanya dalam sejarah musik pop di Indonesia kepada generasi milenial serta melestarikan dan mengapresiasi karya serta kiprah ketiga musisi legendaris tersebut.

Jangan sampai kelewatan teman-teman!

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Gerbang Menuju Danau Toba Ini Akan Diperluas Sebelummnya

Gerbang Menuju Danau Toba Ini Akan Diperluas

Perjalanan Panjang BEI Buat IHSG Naik Hingga 6.589% Selanjutnya

Perjalanan Panjang BEI Buat IHSG Naik Hingga 6.589%

Vita Ayu Anggraeni
@ayuvitaa

Vita Ayu Anggraeni

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.