Inilah Beberapa Kota Layak Huni di Indonesia, Kotamu masuk?

Inilah Beberapa Kota Layak Huni di Indonesia, Kotamu masuk?
info gambar utama
  • Solo terpilih dengan nilai tinggi dan konsisten menjadi kota yang layak huni bagi warganya dengan perolehan persentase 66,9%.
  • Survei tersebut telah dilakukan di 26 kota dan 19 provinsi dengan setiap kota masing-masing diwakili oleh 100 sampai 200 warga yang menetap
  • Enam kota lainnya yakni Palembang (66,6 persen), Balikpapan (65,8), Denpasar (65,5 persen), Semarang (65,4 persen), Tangerang Selatan (65,4 persen) dan Banjarmasin (65,1 persen).

Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Indonesia beberapa waktu lalu merilis indeks kota layak huni di Indonesia. Survei tersebut telah dilakukan di 26 kota dan 19 provinsi dengan setiap kota masing-masing diwakili oleh 100 sampai 200 warga yang menetap, dengan margin error sebesar 95% dan menggunakan metode kuisioner skala likert.

Kota-kota yang paling layak huni berdasarkan survei dari Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) adalah sebagai berikut :

Elkana Catur, selaku ketua kompartemen livable city IAP, mengatakan bahwa Solo terpilih dengan nilai tinggi dan konsisten menjadi kota yang layak huni bagi warganya. Pada tahun 2017, Solo meraih 66,9%. Enam kota lainnya yakni Palembang (66,6 persen), Balikpapan (65,8), Denpasar (65,5 persen), Semarang (65,4 persen), Tangerang Selatan (65,4 persen) dan Banjarmasin (65,1 persen).

Sumber : Kodeposarea
info gambar

Survei ini dinilai dari aspek ketercukupan pangan dan fasilitas peribadatan serta pelayanan keagamaan dari sebuah kota (76 persen). Kemudian dari aspek pengelolaan air bersih, mencapai 75 persen. Sedangkan fasilitas pendidikan dan fasilitas kesehatan juga menjadi poin plus masyarakat merasa nyaman hidup di kotanya, kedua angkanya sama yaitu 71 persen.

--

Sumber : IDNTimes

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini