Di Mana Sebenarnya Titik Paling Tengah Pulau Jawa?

Di Mana Sebenarnya Titik Paling Tengah Pulau Jawa?
info gambar utama
  • Banyuwangi dan Banten adalah titik ujung timur dan barat pulau Jawa, tepatnya di Alas Purwo (Banyuwangi), dan Ujung Kulon (Banten).
  • Sejak lama Dieng diyakini sebagai titik tengah Pulau Jawa. Mitos mitos pun muncul dari situ, termasuk alasan mengapa candi-candi tertua dibangun di sana.
  • Memang tidak 100% tepat, namun titik tertengah pulau Jawa, terletak 20 km dari Dieng, tepatnya di sebuah kecamatan di Wonosobo, Jawa Tengah.

Pulau Jawa adalah pulau yang sejak dulu dipenuhi dengan mitos-mitos dan cerita-cerita yang begitu mengagumkan. Hubungan manusia dengan alamnya digambarkan begitu dekatnya, sehingga seringkali, alam diberikan tempat yang sangat khusus dalam mitologi Jawa. Dalam tulisan oleh Hasnan Singodimayan, digambarkan bahwa menurut pengertian “Jawanologi” merupakan Jawa Purba yang meliputi seluruh pulau Jawa, Madura dan Bali dalam kajian budaya. Tetapi perkembangan lebih lanjut, malah kian menyempit hanya pada “Jawa Mataraman dan Kebudayaan Mataram”. Di ikuti oleh gerak “Rancake Sunda dan Banten” dan “Celurit Mas” dari Madura. Blambangan dan Bali, masih berada pada Rana Ritual penuh dengan misteri.

Masih dalam tulisan tersebut, pulau Jawa berbentuk seperti seseorang yang melakukan sesembahan dalam keadaan berdiri. Jika ujung timur pulau Jawa berada di atas, maka kawasan Blambangan (Banyuwangi dan sekitarnya) seperti kepala dan otaknya. Probolinggo, Malang, dan Lumajang, berbentuk seperti lehernya. Pulau Madura merupakan dekapan dua tangan yang melakukan sesembahan. Surabaya dan sekitarnya merupakan dadanya. Berjantung ada di Kediri (dulu adalah kerjaraha Dhaha, yang menjadi cikal bakal ilmu Javanologi di abad 15).

Caption
info gambar

Nah, rasanya kita tak perlu sampai ke 'ujung kaki' pulau Jawa untuk mengetahui daerah mana sebagai bagian 'badan' apa dan sebagainya. Salah satu sebabnya adalah masih adanya perdebatan mengenai, sebenarnya ujung kepala pulau Jawa itu di mana, di Banten (Ujung Kulon), atau Banyuwangi (Alas Purwo). Dan penulis tak memiliki pengetahuan yang memadai akan hal tersebut.

Namun, ada satu hal yang menggelitik.

Dari kecil, sejak SD, penulis selalu mendapatkan cerita kemasyhuran Dataran Tinggi Dieng, bukan hanya keindahannya, dinginnya, tingginya, sejarahnya, namun juga cerita bahwa Dieng adalah "Pusering Jowo", atau pusarnya pulau Jawa, yang berarti berada di tengah-tengah pulau Jawa, antara barat-timur, dan utara-selatan.

Benarkah begitu?

Konon, pembangunan ratusan candi di Dataran Tinggi Dieng (dulu hampir 400 bangunan, namun sebagian besar sudah tak terlacak lagi fisiknya), salah satu alasannya adalah karena letaknya yang tepat di tengah pulau Jawa.

Pertanyaan selanjutnya adalah, benarkah Dieng berada di tengah pulau Jawa?

Penulis berdiskusi dengan salah satu teman yang kebetulan ahli dalam ini, dan jawabannya pun ditemukan. Berikut adalah hasil eksplorasi beliau.

1. Titik paling barat pulau Jawa , ada di Ujung Kulon yang masuk wilayah Banten (koordinat 105°12’E). Kawasan ini adalah kawasan hutan lindung dan menjadi habitat Badak Jawa, badak paling langka di dunia.

Ujung Kulon, titik ujung barat Jawa | Courtesy : Wiworo Wiworo FB
info gambar

2. Titik paling timur Jawa (koordinat 114°36’E), terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo di Banyuwangi, Jawa Timur.

Ujung timur Jawa | Courtesy : Wiworo Wiworo FB
info gambar

3. Titik paling utara, koordinat 5°52’S, terletak di sebuah kawasan industri di dekat PLTU Suralaya, Cilegon, Banten.

Titik paling utara Jawa | courtesy : wiworo wiworo FB
info gambar

4. Titik paling selatan, koordinat 8°46’S, masih masuk di Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur.

Titik paling selatan Jawa | Wiworo Wiworo FB
info gambar

Dan akhirnya, inilah titik paling tengah Pulau Jawa. Tepatnya di koordinat 7°19’S, 109°54’E. Jika kita google koordinat itu, maka akan muncul persawahan di sekitar sebuah kampung bernama Wonokromo, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo.

Titik tengah Jawa | google map
info gambar

Apakah memang dekat dengan kawasan Dieng? Jika dilihat lagi di Google Map, jarak dari titik tertengah pulau Jawa ini ke Dataran Tinggi Dieng memang tak begitu jauh, sekitar 21 km lagi ke arah utara.

Titik tengah Jawa ke Dieng | Google Map
info gambar

Bagaimana menurut anda?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

AH
YF
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini