Dimabuk Kepayang? Apa sih Artinya?

Dimabuk Kepayang? Apa sih Artinya?
info gambar utama

Jatuh cinta membuat orang menjadi mabuk kepayang. Tahukah kawan GNFI, arti dari Mabuk Kepayang itu?

Mabuk kepayang biasanya dipakai oleh orang untuk sebutan orang yang sedang jatuh cinta atau dimabuk asmara. Namun ternyata mabuk kepayang ada hubungannya dengan kluwek.

Sumber : Liburansari
info gambar

Buah kluwek (Pangium edule) biasanya dipakai sebagai bumbu masak, seperti rawon. Lalu kepahiang merupakan sebuah Kabupaten di Provinsi Bengkulu, di kawasan Pegunungan Bukit Barisan. Dua hal tersebut memiiki hubungan, karena di Kepahiang banyak ditumbuhi pohon kluwek, khususnya di Hutan Lindung Bukit Daun dan kawasan konservasi Bukit Barisan.

Hidi Christopher, seorang peneliti dari Lembaga Riset dan Kajian Sosial Budaya, mengatakan bahwa buah tersebut tidak boleh sembarangan diolah. Orang yang mengkonsumsi buah tersebut akan mabuk berat jika memakan buah tersebut mentah-mentah.

Sumber : BACA
info gambar

Buah tersebu memiliki kandungan asam sianida, biasanya buah ini digunakan sebagai racun ketika berperang. Mabuk ini sulit disembuhkan, untuk menghilangkan racunnya harus direndam dan direbus terlebih dahulu.

--

Sumber : Liputan6

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini