2 Universitas di Indonesia Dalam Daftar Best 500 Universities 2019 oleh CEO World Magazine

2 Universitas di Indonesia Dalam Daftar Best 500 Universities 2019 oleh CEO World Magazine
info gambar utama

Majalah berbahasa Inggris yang diterbitkan dari Amerika Serikat dan Inggris oleh CEOWORLD Magazine Limited, Ceoworld.biz yang juga merupakan pesaing utama dalam kategori majalah bisnis nasional termasuk Forbes, Fortune, dan Bloomberg Businessweek mempublikasikan peringkat perguruan tinggi, wawancara, profil, dan artikel yang berkaitan dengan institusi pendidikan di Amerika Serikat dan di seluruh dunia.

Pemeringkatan ini didasarkan pada survei pendapat. Sistem peringkat oleh majalah CEOWORLD biasanya dibandingkan dengan peringkat Washington Monthly, Forbes, dan U.S. News & World Report.

Baru-baru ini Ceoworld.biz merilis daftar peringkat 500 Universitas terbaik di dunia melalui situs web nya. Peringkat tersebut diraih berdasarkan 7 pengukuran utama dari kualitas dan reputasi masing-masing universitas, dengan skor keseluruhan (100%) sebagai hasil penjumlahan dari:

  1. Pengaruh Global yang diterima (20%)
  2. Respon Perekrut (20%)
  3. Feedback dari employer (10%)
  4. Tingkat Penempatan Kerja (10%)
  5. Kelayakan Penerimaan (10%)
  6. Spesialisasi (10%)
  7. Reputasi Akademik (20%)

Informasi dan statistik dikumpulkan dari sumber dan penelitian yang tersedia secara publik, dan survei. Peringkat tersebut mengukur kualitas pendidikan, pengaruh global yang diterima, tingkat penempatan kerja lulusan, kelayakan penerimaan, spesialisasi, reputasi akademik, respon perekrut, feedback dari employer, tanpa bergantung pada data yang dikumpulkan oleh masing-masing institusi.

Survey tersebut melibatkan 115.000 responden (55,000 lulusan universitas; 25,000 perekrut; dan 35,000 employer) dari 95 negara meliputi 700 universitas dan dilakukan di antara bulan Agustus hingga November tahun 2018, menyisakan 500 institusi dari 54 negara. Sebuah institusi membutuhkan setidaknya 500 responden yang merekomendasikannya untuk bisa terkualifikasi di dalam daftar tersebut.

Dengan universitas-universitas di Amerika Serikat mendominasi peringkat 10 teratas dengan Massachusetts Institute of Technology berada di posisi pertama peringkat tersebut, 5 negara di Asia Tenggara berhasil memasuki daftar tersebut.

Singapura berada di peringkat tersebut dengan 2 universitas terbaiknya; National University of Singapore (NUS) yang berada di peringkat ke-39 sekaligus menjadi yang teratas di peringkat Asia Tenggara disusul oleh Nanyang Technological University (NTU) Singapore di peringkat ke-57.

Malaysia dengan 5 universitas; University of Malaya, Universiti Putra Malaysia, National University of Malaysia, University of Technology Malaysia, dan University of Science Malaysia.

Indonesia turut menyelipkan dua universitas terbaiknya dalam daftar tersebut. Adapun kedua universitas tersebut ialah Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung yang berada di peringkat 331 dan 388 secara berurutan.

Melengkapi 5 negara Asia Tenggara di dalam daftar tersebut Thailand bersama Mahidol University dan Chulalongkorn University serta Brunei Darussalam dengan Universiti Brunei Darussalam.

Berikut daftar lengkap peringkat universitas terbaik di Asia Tenggara 2019 menurut CEO World Magazine:

Peringkat DuniaNegaraUniversitas
39SingapuraNational University of Singapore
57SingapuraNanyang Technological University
112MalaysiaUniversity of Malaya
251MalaysiaUniversiti Putra Malaysia
252MalaysiaNational University of Malaysia
301MalaysiaUniversity of Technology Malaysia
331IndonesiaUniversitas Indonesia
388IndonesiaInstitut Teknologi Bandung
393ThailandMahidol University
409ThailandChulalongkorn University
414Brunei DarussalamUniversiti Brunei Darussalam
461MalaysiaUniversity of Science Malaysia

Sumber: CEO World

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini