Saksi Tua dari Tengah Pulau Sumbawa

Saksi Tua dari Tengah Pulau Sumbawa
info gambar utama

  • Di tengah pulau Sumbawa, tepatnya kini di Kabupaten Sumbawa Besar, terdapat sejarah yang mungkin akan terlupakan
  • Untuk menghindari hilangnya bukti sejarah masa lalu yang agung, pemerintah setempat mengaktifkan kembali sebuah bangunan tua. Istana Tua Dalam Loka.
  • Dan Sultan, sebagai simpul dan simbul budaya, kini diangkat kembali.

Saya cukup beruntung bisa berkunjung ke Sumbawa Besar, yang terletak di tengah pulau Sumbawa. Di kota kecil yang asri ini ternyata menyimpan banyak bangunan-bangunan bersejarah, mulai dari bangunan tahun 50-an, 60-an, hingga bangunan era kolonial. Saya sungguh tak menyangka, jika pulau yang jarang kita sebut ini ternyata menyimpan cerita begitu panjang, dengan sejarah yang gegap gembita dan tentu saja, sejarah tentang murka sang Tambora, yang letusannya mengguncang dunia. Ada satu bangunan yang begitu memukau mata saya. Bukan hanya karena bangunan tersebut memang nampak sangat tua, terlihat dari wujud dan desainnya, namun juga karena seluruh bangunan terbuat dari kayu. Itulah Istana Tua Dalam Loka. Sebuah saksi sejarah bangsa yang terlupa.

Istana Dalam Loka | Barry Kusuma Kompas.com
info gambar

Berdiri kokoh di tengah Kota Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat, Istana Dalam loka merupakan saksi sejarah yang memperlihatkan kejayaan Kesultanan Sumbawa pada zamannya. Dibangun pada tahun 1885, pembangunan bangunan yang berarti istana tua ini diprakarsai Sultan Muhammad Jalaluddin Syah III yang menjadi Sultan ke-16 dari Dinasti Dewa Dalam Bawa.

Istana Dalam Loka di masa lalu | bloggerhistory.blogspot.com
info gambar

Berbentuk rumah panggung dengan luas bangunan 904 M2, Istana Dalam Loka terlihat sangat megah. Istana yang dibangun dengan bahan kayu ini memiliki filosofi “adat berenti ko syara, syara barenti ko kitabullah”, yang berarti semua aturan adat istiadat maupun nilai-nilai dalam sendi kehidupan tau Samawa (masyarakat Sumbawa) harus bersemangatkan pada syariat Islam. Lambang keislaman juga dapat dilihat pada kayu penyangga yang berjumlah 99 yang bila diartikan mempunyai kesamaan dengan nama-nama Allah.

Istana dalam Loka | indonesiakaya.com
info gambar

Suasana di dalam | jalan2.om
info gambar

Sejarah mencatat, keberadaan Kabupaten Sumbawa atau Tana Samawa ini mulai dikenal sejak zaman Dinasti Dewa Awan Kuning (1350-1389). Pada masa itu corak kerajaan masih bersifat hinduistis. Corak hindu pada Dinasti Dewa Awan Kuning berakhir pada masa kepemimpinan Raja Dewa Majaruwa. Raja Dewa Majaruwa memeluk Islam setelah kerajaan menjalin hubungan dengan kerajaan islam demak di Jawa sekitar tahun 1478-1597. Kemudian pada tahun 1623 kerajaan Dewa Awan Kuning ditaklukan oleh Kerajaan Goa sehingga kekuasaan Kerajaan Sumbawa pun berpindah pada Dinasti Dewa Dalam Bawa. Raja pertama begergelar Sultan Hanurasyid 1. Kerajaan ini berkuasa selama 3 abad di tanah Sumbawa. Dan sampai saat ini masih terdapat peninggalan kerajaan berupa rumah istana Sumbawa atau istana dalam loka.

Rumah istana Sumbawa atau Dalam Loka merupakan peninggalan bersejarah dari kerajaan yang berlokasi di kota Sumbawa Besar. Istana ini dibangun pada untuk menggantikan bangunan-bangunan istana yang telah dibangun di tanah tersebut sebelumnya karena telah lapuk dimakan usia bahkan hangus terbakar karena bubuk mesiu kerajaan yang meledak. Istana-istana itu diantaranya Istana Bala Balong, Istana Bala Sawo dan Istana Gunung Setia. Dalam Loka sendiri berasal dari dua kata yakni dalam yang berarti istana atau rumah-rumah di dalam istana dan loka yang berarti dunia atau tempat. Jadi, Dalam Loka bermakna istana tempat tinggal raja.

Ukiran di kayu penyangga, sisa masa lalu | indonesiakaya.com
info gambar

Dibangun dengan sistem baji, bangunan ini memiliki tingkat kelenturan yang tinggi apabila terjadi gempa bumi. Pemilihan selatan sebagai arah hadap rumah pun memiliki makna tersendiri. Berdasar hukum arah mata angin, selatan dipercaya dapat memberikan suasana sejuk, tenteram, damai, dan nyaman.

Sultan Muhammad Kaharuddin IV, Sultan Sumbawa ke-17 | wikipedia.com
info gambar

Tidak hanya itu, selatan pun bermakna menatap pada masa lalu yang bila diartikan pemimpin harus memiliki kebijaksanaan dan kearifan dalam menyikapi masa lalu yang bisa dibawa ke masa kini. Awalnya, Istana Dalam Loka berfungsi sebagai kediaman raja. Fungsi itu berubah sejak dibangunnya istana baru pada tahun 1932.

Kini, Dalam Loka berfungsi menjadi cagar budaya yang mengingatkan jika dahulu pernah berdiri Kesultanan Sumbawa yang pernah berjaya pada zamannya

(Indonesiakaya.com | Kompas.com)

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini