Lontong Cap Go Meh, Kuliner Peranakan Membawa Keberuntungan

Lontong Cap Go Meh, Kuliner Peranakan Membawa Keberuntungan

unilever

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

  • Cap Go Meh yang memiliki arti secara harfiah 15 hari atau malam setelah tahun baru imlek berasal dari Bahasa Hokkian, ini adalah rangkaian terakhir perayaan Tahun Baru Imlek.
  • Kuliner yang selalu ada pada hari ini adalah Lontong Cap Go Meh.
  • Lontong Cap Go Meh sendiri sebenarnya tidak berbeda dari lontong biasa, isi dari makanan tersebut adalah opor ayam, sayur lodeh, sambal goreng hati, acar, telur pindang, bubuk koya, abon sapi, sambal, serta tidak lupa kerupuk.
  • Lontong Cap Go Meh merupakan kuliner Peranakan-Jawa, Oleh karenanya, makanan ini hanya ada pada perayaan Imlek di pecinan di Pulau Jawa, seperti Semarang dan Betawi.

Perayaan Cap Go Meh jatuh pada hari ini (selasa, 19 Februari). Cap Go Meh yang memiliki arti secara harfiah 15 hari atau malam setelah tahun baru imlek berasal dari Bahasa Hokkian, ini adalah rangkaian terakhir perayaan Tahun Baru Imlek. Cap Go Meh juga sering disebut Yuan Hsiao Cieh atau Shang Yuan Cieh dalam bahasa Mandarin.

Di Indonesia, perayaan Cap Go Meh dilakukan di kelenteng-kelenteng atau vihara dengan melakukan kirab atau turun ke jalan raya dengan menggotong bersama-sama Kio/usungan yang diisi arca para Dewa. Selain itu, kuliner yang selalu ada pada hari ini adalah Lontong Cap Go Meh.

Mada masa lalu, pendatang Tionghoa yang bermukim di kota-kota pelabuhan di pesisir utara Jawa, mengenal lontong yang merupakan hidangan khas nusantara, Lontong Cap Go Meh sendiri sebenarnya tidak berbeda dari lontong biasa, isi dari makanan tersebut adalah opor ayam, sayur lodeh, sambal goreng hati, acar, telur pindang, bubuk koya, abon sapi, sambal, serta tidak lupa kerupuk. Lontong adalah makanan pengganti yuanxiao, yaitu bola-bola tepung beras kuliner khas Tionghoa.

Sumber : wikipedia

Lontong sangat berlawanan dengan bubur yang encer dan juga dengan kesialan jika disajikan saat perayaan Cap Go Meh. Lontong juga berbentuk panjang yang melambangkan panjang umur. Bahan lainnya seperti telur yang melambangkan keberuntungan, dan santan yang dibumbui kuah kunyit berwarna keemasan melambangkan emas dan keberuntungan. Itulah mengapa Lontong Cap Go Meh wajib disajikan agar tahun baru dipenuhi dengan keberuntungan.

Lontong Cap Go Meh merupakan kuliner Peranakan-Jawa, sedangkan kaum peranakan di Semenanjung Malaya, Kalimantan, dan Sumatera tidak mengenal hidangan ini. Oleh karenanya, makanan ini hanya ada pada perayaan Imlek di pecinan di Pulau Jawa, seperti Semarang dan Betawi.

--

Sumber : MadiunToday, Phinemo

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang57%
Pilih Tak PeduliTak Peduli29%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau14%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Pernak-Pernik Indonesia di London Fashion Week 2019 Sebelummnya

Pernak-Pernik Indonesia di London Fashion Week 2019

Siapa Sangka, Inilah Produk-Produk Buatan Indonesia yang Ternyata Mendunia Selanjutnya

Siapa Sangka, Inilah Produk-Produk Buatan Indonesia yang Ternyata Mendunia

Fachrezy Zulfikar
@fachrezy

Fachrezy Zulfikar

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.