Daftar Kota Paling Aman di Dunia versi Majalah CEOWORLD

Daftar Kota Paling Aman di Dunia versi Majalah CEOWORLD
info gambar utama

Majalah berbahasa Inggris yang diterbitkan dari Amerika Serikat dan Inggris oleh CEOWORLD Magazine Limited, Ceoworld.biz yang juga merupakan pesaing utama dalam kategori majalah bisnis nasional termasuk Forbes, Fortune, dan Bloomberg Businessweek setiap tahunnya mempublikasikan peringkat perguruan tinggi, wawancara, profil, dan artikel yang berkaitan dengan institusi pendidikan di Amerika Serikat dan di seluruh dunia.

Pemeringkatan ini didasarkan pada survei pendapat. Sistem peringkat oleh majalah CEOWORLD biasanya dibandingkan dengan peringkat Washington Monthly, Forbes, dan U.S. News & World Report.

Di tahun 2019 ini, majalah CEOWORLD merilis beberapa daftar pemeringkatan, salah satunya adalah peringkat kota teraman di dunia, menurut analisisi statistik di tahun 2018. Terdapat 338 kota di seluruh dunia yang masuk di daftar tersebut.

Abu Dhabi | Sumber: Klook
info gambar

Berdasarkan daftar tersebut untuk kedua kalinya, ibu kota Uni Emirat Arab, Abu Dhabi menduduki peringkat sebagai kota teraman di dunia dengan skor indeks keamanan sebesar 88.26, diikuti oleh Doha (Qatar) di peringkat kedua. Melengkapi 10 besar kota teraman di dunia adalah Osaka (Jepang), Singapura, Basel (Swiss), Quebec (Kanada), Tokyo (Jepang), Bern (Swiss), Munich (Jerman), dan Irvine, (CA, Amerika Serikat) berurutan sesuai peringkat.

Dubai (Uni Emirat Arab), Eskisehir (Turki), Zurich (Swiss), Nizhny Novgorod (Rusia), dan Aalborg (Denmark) berada di peringkat selanjutnya, 11 hingga 15.

Beberapa kota di India masuk dalam daftar tersebut dengan kota Mangalore yang berada di urutan ke-32 di antara kota-kota di dunia mendapat peringkat sebagai kota teraman di India diikuti oleh Navi Mumbai (34), Kochi (86), Hyderabad (110), Pune (119), Coimbatore (121), Visakhapatnam (122), Vadodara (124), Ahmedabad (129), dan Nagpur (130).

Lima terbawah di dalam daftar tersebut adalah San Pedro Sula, Honduras; Caracas, Venezuela; Fortaleza, Brasil; Durban, Afrika Selatan; dan Johannesburg, Afrika Selatan.

Bagaimana dengan Indonesia? Dari puluhan kota yang ada di Indonesia, sayangnya hanya ada dua yang berhasil terdaftar di dalam daftar menurut majalah CEOWORLD ini.

Kedua kota di Indonesia tersebut ialah Bali dan Jakarta yang keduanya berada di peringkat ke-192 untuk Bali dan 252 untuk Jakarta. Bali berada di dua posisi di bawah Barcelona (Spanyol) dan Kelowna (Kanada) serta mengungguli Hanoi (Vietnam) dan Novi Sad (Serbia), sedangkan Jakarta di bawah Cassablanca (Moroko) dan Tehran (Iran) dan mengungguli Brampton (Kanada) dan ibu kota negara tetangga, Phnom Penh (Kamboja).

Kota Tua Jakarta | Sumber: Dinamika Kehidupan
info gambar

Bali mendapatkan skor indeks keamanan sebesar 54.37, sedangkan skor indeks keamanan yang diraih oleh Jakarta adalah 46.06.

Pencapaian yang lumayan, namun masih bisa ditingkatkan lagi, terutama lebih banyak lagi kota atau kabupaten di Indonesia yang bisa masuk ke dalam daftar tersebut! Mari kita sama-sama sebagai individu membantu tempat kita tinggal menjadi daerah yang aman. Bukan semerta-merta untuk peringkat, namun untuk keamanan dan kenyamanan kita semua sebagai penghuninya.


Sumber: CEOWORLD

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini