Bintang Muda Bulutangkis Bersinar di Djarum Superliga 2019

Bintang Muda Bulutangkis Bersinar di Djarum Superliga 2019

Selebrasi Kemenangan PB Djarum Kudus © PBSI

PB Mutiara Cardinal Bandung akhirnya berhasil mempertahankan gelar juara Djarum Superliga untuk kedua kalinya secara beruntun. Di tahun 2019 ini, Klub Mutiara menang di kandang mereka sendiri 3-0 atas PB Jaya Raya Jakarta yang berlangsung di GOR Sabuga, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (23/2). Di sektor putra, penantian panjang PB Djarum Kudus akhirnya tercapai, setelah tiga kali beruntun kalah di final dengan lawan yang sama. PB Djarum berhasil menang 3-1 atas Musica Trinity.

Djarum Superliga 2019 merupakan kompetisi bulutangkis antar klub putra dan putri. Diikuti oleh klub-klub besar di Indonesia dan mancanegara. Selain diisi oleh pemain-pemain kelas dunia seperti Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Greysia Polii, ada pula pemain luar negeri yang turut membela klub lokal seperti Li Michele dari Kanada di Tim PB Djarum dan Lee Yong Dae dari Korea Selatan yang membela Musica Trinity.

Ada yang menarik di Djarum Superliga tahun ini, junior-junior juga turut tampil dalam membela timnya. Ada Daihatsu Astec dan Tiket.com Champion Klaten yang mayoritas pemainnya masih berusia dibawah 20 tahun. Seperti nama Leo Rolly Carnando yang membela tim Daihatsu Astec dan Indah Cahya Sari Jamil di Tim Tiket.com Champion Klaten, yang keduanya merupakan peraih juara dunia ganda campuran junior 2018.

Meskipun hasilnya kurang memuaskan, Daihatsu Astec dan Tiket.com Champion Klaten yang menjadi juru kunci di grup masing-masing, telah memberikan perlawanan yang cukup ketat bagi lawan-lawannya. Daihatsu Astec kalah telak 0-5 dari Tim Musica Trinity yang berisi pemain kelas dunia seperti Ginting dan Jonatan, serta kalah tipis 2-3 dengan Sport Affairs Malaysia dan Berkat Abadi Banjarmasin. Sedangkan tim putri Tiket.com Champion Klaten juga kalah 0-5 atas Jaya Raya Jakarta dan memberi perlawanan sengit 2-3 melawan Tim Berkat Abadi dan Samurai Japan Reptiles.

Desima Aqmar Syarafina mengembalikan suttlecock © djarumbadminton.com
Desima Aqmar Syarafina mengembalikan shuttlecock © djarumbadminton.com

Perlawanan itu ditunjukkan Desima Aqmar Syarafina tunggal putri wakil Tiket.com Champion Klaten. Tunggal putri berusia 19 tahun tersebut secara mengejutkan berhasil mengalahkan Zhang Beiwen wakil PB Berkat Abadi Banjarmasin, lewat dua game langsung dengan skor 21-17 dan 21-11. Zhang Beiwen merupakan pemain asal Amerika Serikat berperingkat 12 Dunia.

Selebrasi Kemenangan Silvi © djarumbadminton.com
Selebrasi Kemenangan Silvi © djarumbadminton.com

Klub Berkat Abadi juga tak kalah bagus dalam membina anak didiknya. Silvi Wulandari tampil ulet melawan Cheung Ngan Yi pemain asal Hong Kong berperingkat 31 dunia. Berkat Abadi yang saat itu tertinggal 0-2 atas Mutiara Cardinal Bandung, sepertinya tak membuat Silvi terbebani. Gadis yang lahir 13 Juli 1999 ini membuat kejutan di kampung halamannya sendiri, Bandung. Dikutip dari djarumbadminton.com, Silvi mengaku tidak ditargetkan untuk sumbang poin atau menang.

Sri Fatmawati yang turun menjadi wakil dari Jaya Raya juga tampil apik. Tampil di partai ketiga pada laga semifinal melawan Yukino Nakai wakil tunggal putri Nihon Unisys Jepang, Sri berhasil membawa klub nya PB Jaya Raya Jakarta melaju ke final.

Salah satu pasangan ganda putra muda yang cukup menarik yaitu Syahrizal Dafandi Arafixqli/ Syahrozi Dafandi Arafixqli merupakan pasangan kembar wakil dari Jatim United. Pasangan yang tahun lalu menjuarai Kejurnas PBSI 2018 kelas Taruna Divisi 1 tersebut bermain sengit melawan pemain peringkat satu dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo yang berpasangan dengan Praveen Jordan. Hampir memenangi laga dengan straight game, diakhir set kedua lawan mulai bangkit dan menunjukkan kematangan bermain, dan akhirnya dengan pertandingan tiga set, pasangan kembar ini tunduk dengan skor 21-18, 18-21, 13-21.

Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay © PBSI
Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay © PBSI

Penampilan perdana Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay, pebulutangkis muda tunggal putra PB Djarum di Djarum Superliga Badminton 2019 juga tampil menawan. Dipercaya tim untuk turun di 2 laga, Ikhsan tak terkalahkan. Laga pertama melawan Jatim United, Ikhsan berhasil menyumbang poin untuk PB Djarum yang saat itu menghadapi Aldo Oktaviano Purnomo dengan skor meyakinkan 21-12 dan 21-10. Di laga kedua, pemain asal Kota Tomohon ini mendapat perlawanan yang cukup alot dari pemain Jaya Raya Jakarta, Krishna Adi Nugraha, Ikhsan menang dengan skor 21-15, 16-21, 21-12.

Nama-nama pemain muda lain yang juga bersinar di Djarum Superliga 2019 antara lain Ribka Sugiarto, Siti Fadia Silva Ramadhanti, Febby Valencia Dwijayanti Gani, Metya Inayah Cindiani, Gatjra Piliang Fiqiliahi Cupu, Pramudya Kusumawardana Riyanto, Yeremia Erich Yoche Yacob dan masih banyak lagi. (ar)


Sumber: djarumbadminton

Pilih BanggaBangga63%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang38%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk Presiden 2019-2024: Mem-Branding Indonesia Sebelummnya

Untuk Presiden 2019-2024: Mem-Branding Indonesia

Reyog Jazz Ponorogo; Kolaborasi Budaya Lokal dengan Musik Jazz Selanjutnya

Reyog Jazz Ponorogo; Kolaborasi Budaya Lokal dengan Musik Jazz

Badminton Forum
@badmintonforum

Badminton Forum

Badminton Lovers Indonesia

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.