• Universitas Indonesia menjalin kerja sama dengan CQ University Australia, dalam hal jenjang sarjana terapan.
  • Ini memungkinkan lulusan D3 Vokasi UI melanjutkan jenjang pendidikan ke sarjana di Australia.
  • Kerja sama ini bukan yang pertama dilakukan UI, karena sebelumnya juga ada kolaborasi serupa dengan sebuah kampus di Jepang.

Kerja sama antara program pendidikan vokasi Universitas Indonesia (UI) dengan CQ University Australia, membuka pendidikan lanjutan bagi lulusan vokasi dan joint research para dosen ke CQ University Australia.

Keterangan ini disampaikan Humas dan KIP UI dalam siaran persnya. Program pendidikan lanjutan yang dimaksud adalah lulusan vokasi dengan kualifikasi yang memadai dapat melanjutkan ke jenjang sarjana terapan di CQ University Australia.

Terdapat sebelas program studi pada program S1 Terapan di CQ University Australia yang dapat dipilih oleh mahasiswa Vokasi UI, di antaranya D4 Kesehatan Masyarakat, D4 Fisioterapi, D4 Akuntansi dan Bisnis, D4 Digital Media, dan D4 Komunikasi.

Adanya kerja sama antar negara akan memberikan wawasan dan pengalaman yang mengglobal bagi mahasiswa dan dosen. Selain itu, melalui program joint research, diharapkan mampu mendorong para dosen untuk menghasilkan riset-riset yang berkualitas.

Seremoni penandatanganan MoU antara UI (vokasi) dengan CQ University Australia | Foto: Humas dan KIP UI

“Kerja sama ini berfokus pada bidang akademik yaitu pertukaran pelajar, pendidikan lanjutan bagi lulusan vokasi, dan joint research para dosen. Dengan adanya kerja sama ini tentunya akan mendatangkan manfaat bagi kedua belah pihak dalam peningkatan mutu akademik,” terang Direktur Program Pendidikan Vokasi, Prof. Dr. Ir. Sigit Pranowo Hadiwardoyo.

Ini bukan pertama kalinya UI menjalin kerja sama dengan universitas di luar negeri dalam hal jenjang pendidikan lanjutan langsung. Sebelumnya pada 2018, Vokasi UI juga telah bekerja sama dengan Tokyo Metropolitan University untuk jenjang pendidikan lanjutan langsung ke jenjang Master, pada program studi Okupasi Terapi dan Fisioterapi.

Kolaborasi lintas negara yang digagas Vokasi UI diharapkan dapat meningkatkan kualitas Pendidikan Vokasional di Indonesia. Saat ini Vokasi UI memiliki sebelas program studi di bidang kesehatan, sosial humaniora, dan administrasi bisnis.**

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu