Sempat Ditunda, LRT Jakarta Segera Beroperasi!

Sempat Ditunda, LRT Jakarta Segera Beroperasi!
info gambar utama

Setelah beberapa penundaan, Light Rapid Transit (LRT) di Jakarta dijadwalkan untuk memulai operasi komersial pada akhir Maret, menunggu persetujuan dari Kementerian Perhubungan, kata seorang pejabat.

Presiden direktur LRT Jakarta Allan Tandiono mengatakan pembangunan LRT, yang menghubungkan Velodrome di Rawamangun di Jakarta Timur ke Kelapa Gading di Jakarta Utara, telah mencapai penyelesaian 99 persen. Saat ini, pejabat dari Kementerian Perhubungan sedang melakukan uji kelayakan pada keselamatannya sebelum mengeluarkan izin operasi dan sertifikasi, tambahnya.

"[Kementerian] sedang memeriksa keamanan dan keandalan sistem. Ada banyak tes yang harus dilakukan oleh kontraktor Wijaya Karya dan pengembang Jakarta Propertindo," kata Allan pada hari Senin ketika mengundang wartawan untuk menguji layanan kereta api 5,8 kilometer.

LRT Palembang | Sumber: CNBC Indonesia
info gambar

Layanan ini awalnya dimaksudkan untuk diselesaikan sebelum Asian Games pada Agustus tahun lalu. Operasinya juga ditunda pada bulan Februari.

"Menteri Perhubungan [Budi Karya Sumadi] mengatakan bahwa kementerian akan mengeluarkan sertifikat pada akhir Maret, jadi semuanya akan siap," kata Allan.

Sebelumnya, direktur proyek LRT Jakarta Iwan Takwin mengatakan operasi komersial akan dimulai pada bulan April tahun ini.

Untuk mendorong penumpang untuk menggunakan layanan ini, LRT Jakarta telah bekerja sama dengan PT Transjakarta milik kota untuk mengintegrasikan dua sistem transportasi. Sebuah jembatan langit sedang dikembangkan untuk menghubungkan stasiun Velodrome LRT ke halte Transjakarta Pemuda Rawamangun.

Dari sana, penumpang dapat naik bus Transjakarta ke Dukuh Atas di Jakarta Pusat, pusat transportasi utama, di mana layanan transportasi lain seperti MRT, Kereta Komuter, dan Kereta Bandara tersedia.


Sumber: Jakarta Post

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini