Yuk Intip Kalender Event Pemkot Surabaya Tahun Ini!

Yuk Intip Kalender Event Pemkot Surabaya Tahun Ini!

Ikon kota Surabaya © 123rf.com

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

  • Kalender event 2019 telah dirilis oleh Pemkot Surabaya.
  • Di kalender ini, bisa dilihat jadwal-jadwal festival dan pertunjukan seni di Kota Pahlawan selama tahun 2019, yang diadakan oleh Pemkot Surabaya.
  • Acara yang diselenggarakan kebanyakan bertema sosial dan budaya.

Pemerintah kota (Pemkot) Surabaya melalui situsweb resminya, www.surabaya.go.id, meluncurkan kalender event di tahun 2019. Dalam kalender ini, berisi aneka ragam acara yang dihelat oleh Pemkot Kota Pahlawan, mulai dari festival hingga pertunjukan kesenian.

Acara-acara yang diadakan oleh Pemkot Surabaya tahun ini kebanyakan bertema sosial dan budaya. Tempat digelarnya acara pun tersebar di berbagai tempat di Surabaya, yang dapat menjadi opsi menarik untuk menghabiskan waktu bersama teman, pasangan, kerabat, dan atau keluarga.

Mari kita mulai dari bulan Maret, karena Januari telah berlalu dan Februari segera berakhir. Di bulan ketiga tahun 2019 ini, akan ada tiga acara yakni Surabaya Travel Fair, Festival Rujak Uleg, dan Surabaya Vaganza.

Surabaya Travel Fair yang digelar di Grand City Mall pada 7-10 Maret mendatang, merupakan pameran perjalanan sektor pariwisata Surabaya, yang mengalami peningkatan tiap tahunnya. Kemudian tanggal 17 Maret 2019 warga Surabaya bisa menyaksikan festival Rujak Uleg, berupa atraksi di sepanjang Jalan Kembang Jepun. Acara ini bakal diikuti kurang lebih 1.500 peserta.

Lalu di akhir bulan tepatnya tanggal 24 Maret 2019, mengawali perayaan hari jadi Kota Surabaya yang ke-726, akan diadakan parade budaya dan bunga bernama Surabaya Vaganza. Atraksi seni ini dipertunjukkan sepanjang Tugu Pahlawan sampai Balai Kota.

Kemeriahan Surabaya Vaganza tahun lalu | Foto: Istimewa

Selain itu di bulan Maret juga ada pagelaran seni lainnya, seperti ketoprak oleh Dwi Margo Wedar (2/3), wayang orang yang diperagakan oleh Pamor Kraton (9/3), ludruk oleh Luntas (16/3), dan Srimulat (23/3).

Masih di bulan Maret, Pemkot juga menggelar tampilan rutin kesenian di taman kota. Acara ini dihelat seminggu sekali mulai Sabtu (2/3) sampai Minggu (31/3) pukul 08.00-10.00 di Taman Paliatif, Taman Harmoni, Taman Wonorejo, Taman Cahaya, dan Taman Suroboyo.

Untuk bulan-bulan berikutnya, ada pertunjukan wayang orang oleh Langen Siswo B. (6/4), Ludruk dari RRI (13/4), ketoprak Kalimosodo (20/4), wayang orang dari Suryo Sumirat (27/4), ludruk dari Andika Jaya (11/5), ketoprak yang dimainkan Mekar Budaya (18/5), wayang orang yang diperankan Laras Jati Manunggal (15/6), ludruk oleh Arbamen (22/6), ketoprak dari Ketoprak K.B (6/7), wayang orang oleh Cakra Budaya (13/7), ludruk Sri Muda (20/7), dan Srimulat (27/7).

Pertunjukan lainnya adalah teatrikal pertempuran Surabaya yang digelar setiap bulan kecuali bulan Mei, dengan rentang waktu dua minggu sekali. Khusus di bulan Januari-September, ada tampilan seni oleh Kelompok Pemusik Jalanan (KPJ) setiap Sabtu dan Minggu. Jam 08.00-10.00 digelar di Tugu Pahlawan, dan jam 19.00-21.00 bertempat di Tunjungan.

Ada pula pagelaran seni di Taman Hiburan Pantai Kenjeran yang diadakan seminggu sekali tiap bulannya (kecuali Juni yang digelar setiap hari tanggal 5-16). Pagelaran seni ini mencakup tampilan orkes, pagelaran Reog-Jaranan, dan Campursari.

Catat tanggalnya ya, Kawan GNFI. Jangan sampai ketinggalan!**

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga44%
Pilih SedihSedih4%
Pilih SenangSenang36%
Pilih Tak PeduliTak Peduli4%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau12%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Gaya Hidup Berkelanjutan Itu Penting, Dua Label Fashion Lokal Ini Sudah Beralih ke Sistem Produksi Berkelanjutan Sebelummnya

Gaya Hidup Berkelanjutan Itu Penting, Dua Label Fashion Lokal Ini Sudah Beralih ke Sistem Produksi Berkelanjutan

Memanfaatkan Teknologi untuk Bertahan dan Bangkit dari Krisis Selanjutnya

Memanfaatkan Teknologi untuk Bertahan dan Bangkit dari Krisis

Aditya Jaya Iswara
@adityajoyo

Aditya Jaya Iswara

1 Komentar

  • sewa mobil surabaya

    saya bangga jadi warga kota Surabaya seiring perkembangan jaman kota Surabaya semakin maju, dengan budaya tradisional nya.

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.