Stasiun Kereta Api (KA) Cisauk (CSK) di Kabupaten Tangerang ini disulap canggih seperti Terminal Bandara Soekarno- Hatta (Soetta). Stasiun kelas III atau kecil yang masuk wilayah Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta akan menjadi canggih seperti stasiun di luar negeri dengan fasilitas mumpuni.

“Luas bangunan Stasiun Cisauk ini 4.834 m2 meliputi gedung stasiun lantai 1 dan 2, hall dan koridor, termasuk peron, jembatan penghubung, perkantoran, fasilitas umum, dan ruang MEP. Bisa sampai 5.500 penumpang dengan 132 perjalanan KRL terjadi di Stasiun Cisauk,” kata Kepala Stasiun Cisauk Evan Dwi.

Dihubungi terpisah, VP Communication PT KCI Eva Chairunisa mengatakan CSK memiliki wajah baru.

Stasiun Ciasuk semakin cantik dan terintegrasi dengan intermoda BSD City. Foto: abouttng
Stasiun Ciasuk semakin cantik dan terintegrasi dengan intermoda BSD City. Foto: abouttng

Seperti tampak pada bagian lobi stasiun yang memiliki fasilitas lengkap jembatan penghubung di atas udara atau skywalk dengan panjang 350 meter terintegrasi langsung menuju Pasar Modern Intermoda BSD City serta Terminal Bus BSD Link.

Skywalk Stasiun Cisauk ini menjadi bagian dari integrasi transportasi publik di BSD City yang sangat penting dan cikal bakal pengembangan tata ruang dari penggunaan angkutan massal atau Transit Oriented Development (TOD) di wilayah Tangerang.

Seperti dilaporkan Okezone.com, Stasiun Cisauk kini juga ramah bagi disabilitas. Karena dibangun dua tingkat dan memiliki fasilitas tangga manual, serta eskalator atau lift. Keamanan dan kenyamanan di sini juga lebih diperhatikan lagi. Tidak hanya tenaga sekuriti, tetapi juga kamera pengintai kejahatan atau CCTV.

Jalur khusus difabel di Stasiun Cisauk, Kabupaten Tangerang. Foto : Twitter/@Sutopo_PN
Jalur khusus difabel di Stasiun Cisauk, Kabupaten Tangerang. Foto : Twitter/@Sutopo_PN

Gedung baru Stasiun Cisauk sudah resmi beroperasi pada 1 Februari 2019. Adapun kawasan TOD, sedang dalam persiapan tahap akhir.

"Kawasan TOD Stasiun Cisauk bisa beroperasi paling lambat Juni mendatang," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang Bambang Mardi kepada Tempo, Selasa, 19 Februari 2019.

Dengan adanya kawasan TOD ini, Bambang mengatakan nantinya warga perumahan di wilayah Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang tidak perlu membawa kendaraan pribadi lagi untuk beraktivitas ke Jakarta.

Stasiun Cisauk. Foto: jakartakita.com
Stasiun Cisauk. Foto: jakartakita.com

"Tujuan TOD ini memang untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan masyarakat beralih menggunakan moda transportasi," kata dia.

Pembangunan Terminal Intermoda Cisauk ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Tangerang dengan pengembang Sinarmas Land. "Sinar Mas Land, yang membangun semua fasilitas stasiun, park and ride, kami yang menyiapkan jaringan jalan dan trayek angkutannya," ujarnya.

Stasiun Cisauk dapat menampung 20.000 penumpang per hari. Saat ini telah dimanfaatkan oleh 5.500 penumpang setiap harinya.

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu