Para Pendaki, Jalur Daki Gunung Slamet Akan Kembali Dibuka!

Para Pendaki, Jalur Daki Gunung Slamet Akan Kembali Dibuka!
info gambar utama

Jalur pendakian ke Gunung Slamet melalui Bambangan, desa Kutabawa di kabupaten Karangreja, Purbalingga akan dibuka kembali pada 2 Maret setelah perbaikan cuaca dan upaya pemulihan ekosistem selama beberapa bulan terakhir.

"Berdasarkan pertimbangan cuaca dan jalur pendakian yang telah diperbaiki, kami telah memutuskan untuk membuka kembali jalur pendakian ke Gunung Slamet melalui Bambangan di Kutabawa mulai 2 Maret," ujar Prayitno, kepala departemen pariwisata Dinas Pariwisata, Olahraga dan Pemuda Purbalingga, seperti dikutip oleh kompas.com pada hari Jumat.

Jalur pendakian itu sebelumnya telah ditutup sejak 10 Januari sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan keseimbangan ekosistem di daerah tersebut dan melestarikan flora dan fauna.

"Setelah kegiatan hiking besar-besaran selama Malam Tahun Baru, jalan itu perlu direhabilitasi, sehingga jalan itu harus direhabilitasi, sehingga ditutup sementara," kata Prayitno.

Lembaga tersebut dikatakan telah mengerahkan dua pekerja untuk menjaga pos pendakian pertama dan menghadiri kegiatan pembersihan dan pemeliharaan tanaman.

"Sebelumnya, dua petugas kami difokuskan untuk melakukan pembersihan sampah di sepanjang pos pendakian, dan juga melakukan perawatan tanaman yang roboh di jalur itu,” ujar dia. Menurut Prayitno, dibukanya kembali jalur pendakian ke Gunung Slamet telah dikoordinasikan dengan jalur lain di wilayah Pemalang dan Banyumas.



Sumber: Kompas.com | Jakarta Post

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini