Tingginya Daya Tarik Indonesia Bagi Pelajar Brunei

Tingginya Daya Tarik Indonesia Bagi Pelajar Brunei
info gambar utama
  • Pelajar Brunei Darussalam menunjukkan ketertarikan tinggi pada pendidikan Indonesia.
  • Ini terlihat dari banyaknya pengunjung di booth Indonesia dalam pameran Higher Education Expo 2019.
  • Para pelajar Brunei banyak mengikuti short course kewirausahaan.

Dalam pameran Higher Education Expo 2019 di Bridex Hall, Brunei Darussalam, pelajar Brunei menunjukkan ketertarikan tinggi pada dunia pendidikan Indonesia. Ini terlihat dari ramainya pengunjung di booth Indonesia yang diwakili oleh Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Negeri Malang.

Acara yang digelar pada 16-17 Februari 2019 ini sukses menyedot ratusan pelajar serta orang tua yang berkunjung ke booth Indonesia. Para perwakilan dari Indonesia pun dengan semangat menjelaskan kelebihan dan fasilitas universitas masing-masing kepada para calon mahasiswa dari Brunei.

Para pelajar Brunei banyak tertarik mengikuti short course kewirausahaan serta program community outreach (sejenis KKN) ke masyarakat di Indonesia.

“Selama dua hari ini kami menangkap banyak mahasiswa yang tertarik belajar di Indonesia, khususnya di Undip, misalnya di bidang psikologi, teknik, ekonomi dan lain-lain,” ujar Kepala International Office Universitas Diponegoro, Dr. Ita Widowati, dikutip dari siaran pers yang diterima GNFI.

Partisipasi keempat universitas tersebut atas undangan dan difasilitasi oleh KBRI Bandar Seri Begawan. Ini dalam rangka mendorong peningkatan kerja sama pendidikan antara Indonesia dengan Brunei Darussalam.

Selain untuk mempromosikan pendidikan Indonesia, delegasi Indonesia juga melakukan pertemuan dengan sejumlah institut pendidikan ternama di Brunei seperti Universitas Islam Sultan Sharif Ali, Laksamana College of Business dan Universiti Brunei Darussalam. Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak membahas rencana kerja sama riset makanan halal, pertukaran pelajar, serta program double degree di jurusan bisnis.

Ketertarikan tak hanya datang dari pelajar Brunei pada Indonesia, tapi juga pelajar Indonesia pada bidang pendidikan Brunei. Bidang yang diminati pelajar Indonesia di Brunei antara lain syariah, ushuluddin serta ekonomi syariah.

Pameran Higher Education Expo 2019 adalah pameran pendidikan internasional tahunan terbesar di Brunei Darussalam. Tahun ini, tercatat 58 institut pendidikan tinggi dari delapan negara (Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Singapura, Australia, Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat) berpartisipasi dalam pameran yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan Brunei tersebut.**

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini