Menantikan Kelahiran Unicorn Baru Tahun Ini

Menantikan Kelahiran Unicorn Baru Tahun Ini
info gambar utama

Indonesia telah memiliki empat perusahaan perintis atau biasa disebut dengan start up yang memiliki status unicorn. Unicorn adalah sebutan untuk perusahaan startup yang memiliki valuasi diatas USD 1 Milyar atau Rp.13.8triliun.

Saat ini Indonesia telah memiliki empat perusahaan startup yang berstatus unicorn. Menurut data pada bulan Desember 2018, gojek memiliki valuasi sebesar USD 9,5 miliar. Kemudian di posisi kedua ada Tokopedia yang memiliki nilai kapitalisasi sebesar USD 7 miliar. Lalu disusul oleh Traveloka, sebuah aplikasi dimana kita dapat membeli tiket pesawat atau voucher hotel ini memiliki valuasi sebesar USD 4 miliar. Dan terakhir Bukalapak, memiliki nilai valuasi sebesar USD 1 miliar.

Perkiraan 2 Unicorn Baru dalam 2 Tahun ke depan

Ketua Umum idEA Ignatius Untung S memperkirakan akan lahir unicorn baru di Indonesia selama dua tahun mendatang.

"Jadi, kalau saya melihat dalam dua tahun ke depan harusnya ada dua atau tiga akan muncul unicorn baru," kata Ignatius yang dikutip dari iNews.

Kabar tentang OVO yang kini berstatus Unicorn

Johnny Widodo, selaku Direktur PT Visionet Internasional (OVO) sempat mengutarakan bahwa OVO telah menyandang status unicorn. Namun berbeda dengan partnernya, Harianto Gunawan, selaku Direktur OVO lainnya, mengatakan bahwa perusahaannya masih fokus meningkatkan transaksi dulu.

Tiket.com sudah siap berstatus Unicorn?

perusahaan rintisan yang fokus dalam agen perjalanan online, Tiket.com, telah bersiap menjadi unicorn selanjutnya.

Gaery Undarsa, selaku Co-Founder & Chief Marketing Officer Tiket.com, mengatakan bahwa pihaknya secara teknis sudah hampir menjadi unicorn.

"Technically sebenarnya very soon (menjadi unicorn). Kalau sesuai dengan target kita ya sudah pasti," kata Gaery yang dikutip dari Viva.co.id

"Kayaknya dari segi pemerintah juga sangat support. Membuka tangan, membuka support juga dan mereka menganggap ini (start up) mendorong ekonomi Indonesia. jadi kita melihatnya kita sangat positif," lanjut Gaery.

Menurut Kawan GNFI, siapakah yang akan lebih dahulu mendapat status Unicorn di antara ke dua startup tersebut? atau Kawan GNFI punya jawaban yang berbeda?

--

Sumber : Katadata, Viva, iNews.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini