Berapa Banyak Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia Tahun Lalu?

Berapa Banyak Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia Tahun Lalu?
info gambar utama
  • Meski banyak bencana mendera Indonesia di 2018, kunjungan wisman tetap naik dibandingkan 2017.
  • Tahun lalu, tercatat ada 15,8 juta kunjungan wisman, naik 12,58% dibandingkan tahun sebelumnya.
  • Meski begitu, Indonesia masih tertinggal dibanding negara-negara tetangga dalamn hal jumlah wisman.

Indonesia terus berupaya untuk menarik sebanyak mungkin wisatawan mancanegara (wisman). Dari tahun ke tahun, jumlahnya terus bertambah, dan lambat laun, meski masih cukup jauh dari negara tetangga, Indonesia mulai menunjukkan taji untuk bisa mengejar ketertinggalan di masa depan.

Tahun 2018, secara khusus, dunia pariwisata Indonesia cukup mendapat tekanan serius. Berbagai bencana alam cukup mempengaruhi kunjungan wisman ke Indonesia, apalagi yang terjadi di wilayah-wilayah yang selama ini menjadi hotspot kunjungan wisman, seperti Bali dan Lombok.

Pemerintah sendiri mencanangkan bahwa tahun ini kunjungan wisman akan mencapai 17 juta kunjungan. Target ini meleset. Meski meleset, jumlah kunjungan wisman tahun ini masih naik 12.58% dibanding tahun 2017, yakni di angka 15,8 kunjungan wisman. Sebuah milestone yang layak diapresiasi. Inilah rekor kunjungan wisman tertinggi dalam sejarah Indonesia.

Sumber : Instagram @seasia.co
info gambar

Meski begitu, Indonesia harus terus berlari secara cepat untuk mengejar ketertinggalannya. Pada 2018 lalu, negara-negara tetangga juga mencatat jumlah kunjungan yang fantastis. Seperti didapat dari instagram @seasia.co, Thailand memang masih negara dengan kunjungan wisman, diikuti oleh Malaysia dan Singapura. Indonesia sendiri berada di ranking 4, sedikit di atas Vietnam yang dunia pariwisatanya maju sangat cepat.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini