Dua Fotografer Meraih Juara di Kompetisi Internasional

Dua Fotografer Meraih Juara di Kompetisi Internasional
info gambar utama

Dua anak bangsa meraih juara di kompetisi "Hamdan International Photography Award" (HIPA) musim ke-8 2018 - 2019” sebuah kompetisi fotografi internasional yang dipromosikan oleh Pangeran Dubai Sheikh Hamdan Bin Mohammed Bin Rashid Al Maktoum.

Dengan mengangkat tema Harapan atau "HOPE", kedua fotografer asal Indonesia ini memenangkan juara satu dan dua.

Fanny Octavianus, seorang jurnalis foto dan editor foto di Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara meraih juara 1, sedangkan Muhammad Fahrur Rasyid fotografer lepas asal Makassar meraih posisi kedua.

Sumber : Antara
info gambar

Fanny mengambil gambar seorang anak laki-laki bermain di jalan dalam keadaan banjir karena hujan deras di jalan Sabang, Jakarta Pusat pada tahun 2010.

"Setelah satu jam berlalu tidak ada tanda-tanda hujan akan berhenti, saya putuskan untuk pergi memotret banjir di jalan Sabang," kata Fanny dikutip dari Antara.

Ia mengatakan, gambar tersebut merepresentasikan semangat untuk lawan climate change untuk generasi muda selanjutnya.

Sedangkan fotografer lepas asal Makassar, Fahrur memilih foto ketika dua anggota Basarnas yang berhasil mengevakuasi warga yang terjebak di reruntuhan setelah bencana likuifaksi di Palu, Sulawesi Tengah pada September tahun lalu.

"Saya berangkat dari Makassar menuju Palu bersama tim Basarnas Sulsel, sampai disana dapat laporan ada warga yang terjebak reruntuhan,” Kata Fahrur yang dikutip dari Antara.

Fahrur mengambil foto tersebut pada pukul 03.00 WITA, ia juga menceritakan proses evakuasi seorang korban berusia 15 tahun yang terjebak selama tiga hari dua malam akibat likuifaksi oleh dua anggota Basarnas.

Sumber : Antara
info gambar

Menurutnya, tugas liputan saat bencana likuifaksi sangat berharga, karena selain menjalankan tugas jurnalistik, ia juga merasa sedang melakukan tugas kemanusiaan.

"Karena mau bantu korban dengan uang enggak punya, saya bantu dengan mempublikasikan keadaan lewat media. Saya rasa berpikir seperti itu untuk kemanusiaan pasti bisa,” kata Fahrur yang dikutip dari Antara.

Para pemenang I, II, III dalam katagori Hope mendapat hadiah US$ 25.000 (sekira Rp356 juta) untuk juara pertama, US$20.000 (sekira Rp285 juta) untuk juara kedua, US$15.000 (sekira Rp213 juta) untuk juara ketiga.

--

Sumber : Antara

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini