Operator jalan tol milik negara, Jasa Marga, bekerja sama dengan operator kereta komuter PT Kereta Comuter Indonesia (KCI) untuk memberikan cash back kepada para pengguna komuter yang mengisi ulang kartu multi-trip mereka di stasiun-stasiun tertentu di Bekasi, Jawa Barat.

Dari tanggal 18 Maret hingga akhir April, penumpang yang mengisi setidaknya Rp 20.000 di stasiun Kranji, Cikarang, dan Bekasi selama jam sibuk pagi dan sore, dari jam 5 pagi hingga jam 9 pagi dan jam 4 sore hingga 8 malam setiap hari Senin, akan mendapatkan cash back sebesar Rp 10.000.

Stasiun Kranji | Sumber: poskota
Stasiun Kranji | Sumber: poskota

Langkah ini mengikuti "penerimaan yang baik" dari publik terhadap kampanye #SenenDiOngkosin, di mana Jasa Marga bekerja sama dengan Transjakarta untuk memberikan tumpangan gratis dari halte bus Summarecon di Bekasi ke Jakarta setiap hari Senin hingga April untuk mengkompensasi memburuknya lalu lintas di Jakarta-Jalan tol Cikampek disebabkan oleh beberapa proyek pembangunan infrastruktur yang digarap secara bersamaan.

“Penerimaan atas kerja sama kami dengan Transjakarta positif. Kami berharap dapat melihat hasil yang sama dari kerja sama kami dengan KCI,” kata juru bicara Jasa Marga Dwimawan Heru Santoso dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat.

Langkah ini juga dimaksudkan untuk mendorong penduduk untuk menggunakan transportasi umum karena Jakarta bertujuan untuk meningkatkan penumpang angkutan umum dari 20 persen saat ini menjadi 60 persen pada tahun 2029.

Pengguna jalan harian dari Bekasi berkontribusi pada kemacetan lalu lintas di Jakarta, di mana mayoritas kendaraan bepergian dengan kecepatan kurang dari 20 kilometer per jam.

Juru bicara KCI Erni Sylvane Purba mengatakan kartu multi-perjalanan juga dapat digunakan untuk membeli barang di toko C-Corner dan membayar biaya parkir di beberapa stasiun kereta komuter.


Sumber: Jakarta Post

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu