Orang-orang yang tinggal di sebuah kampung di jalur Kepatihan di Kecamatan Kebun Kelapa, Bogor Tengah, telah berusaha keras untuk mempercantik area mereka dengan konsep 4D.

Penggagasnya, Sugiarno, mengatakan tema 4D ditujukan untuk membedakan kampung yang ia tinggali tersebut dari kampung warna-warni yang lainnya. Sementara dekorasi di kampung 3D sebagian besar hanya terdiri dari lukisan saja, dekorasi yang ada di kampung mereka dapat digunakan sebagai properti foto.

Sugiarno dan yang lainnya membuat beberapa bagian kampung dengan menggunakan berbagai kota dan negara sebagai sub-tema, seperti London dan Jepang.

Siswa yang mengambil foto bersama gambar penjaga istana ala Kerajaan Inggris | Foto: Theresia Sufa / Jakarta Post
Siswa yang mengambil foto bersama gambar penjaga istana ala Kerajaan Inggris | Foto: Theresia Sufa / Jakarta Post

Di bagian London, ada gambar seorang penjaga istana mengenakan seragam penjaga kakinya - topi kulit beruang hitam, tunik merah, dan celana biru tua.

Mereka saat ini membuat bagian Amerika, menggunakan Hollywood untuk mewakili tema tersebut.

"Untuk bagian Amerika, kita akan fokus membuat lanskap Hollywood bersama Walk of Fame-nya. Kami juga akan menghiasi rumah-rumah di sini dengan benda-benda Hollywood yang ikonik,” tambahnya, sambil mencatat bahwa akan ada juga tema Korea dan Mesir.

Kepala unit RT 04 Manaf mengatakan penduduk memutuskan untuk memperbaiki kampung mereka dengan tema 4D sesuai keinginan mereka untuk menjadi salah satu tujuan kota wisata.

“Kami berharap para wisatawan akan mengunjungi kampung kami untuk bertamasya dan berfoto. Kami akan menawarkan makanan, banyak warga kami adalah juru masak yang handal,” kata Manaf.


Sumber: Jakarta Post

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu