Sebentar Lagi, Jarak Tempuh Surabaya-Malang Makin Singkat

Sebentar Lagi, Jarak Tempuh Surabaya-Malang Makin Singkat
info gambar utama

Sabtu kemarin (23 Maret 2019), PT Jasamarga Pandaan Malang menggelar Festival Jalan Tol Jasa Marga Ruas Pandaan-Malang. Event ini dihelat sebagai perkenalan Jalan Tol Pandaan-Malang sebelum diresmikan.

Dikutip dari CNBC Indonesia, Anita Firmanti Eko Susetyowati - Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) - menjelaskan bahwa Jalan tol tersebut memiliki 5 seksi, yakni Seksi 1 adalah Pandaan hingga Purwodadi sepanjang 15,475 km. Lalu, Seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8,05 km; Seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7,10 km; Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4,75 km; dan Seksi 5 Pakis-Malang sepanjang 3,11 km.

Total panjang jalan tol tersebut adalah 38,488 Km dan melintasi Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, dan Kota Malang.

Untuk saat ini, pengerjaan jalan tol Pandaan-Malang seksi 1-3 mencapai 99,17%.

Dalam waktu dekat, kata Desi Arriyani, selaku Direktur Utama PT Jasa Marga, akan melakukan uji kelayakan terhadap jalur tol yang akan dioperasikan. "April minggu pertama atau kedua tim uji kelayakan sudah turun," paparnya yang dikutip dari Merdeka.com.

Mulai beroperasi Mei 2019

Desi Arriyani juga mengatakan, tol ruas Pandaan- Malang (Mapan) akan mulai beroperasi pada awal Mei 2019 mendatang. Ruas tol yang akan dioperasikan nantinya hanya di seksi I, II dan III sepanjang 30 Kilometer (Km).

Ditemukan Situs Bersejarah di Seksi V

Sumber : Malang Today

Terkait ditemukannya situs bersejarah pada Seksi V, pihak PT Jasa Marga dalam waktu dekat akan membahas tindak lanjut atas temuan tersebut. Pembahasan tersebut akan dilakukan bersama dengan beberapa pihak, seperti Tim Balai Pelesetarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, Mojokerto.

--

Sumber : CNBC Indonesia, Merdeka.com, Malang Today, Surabaya Pagi

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini