Sedang Uji Coba, Lewat Gerbang Tol Tak Perlu "Tap" Lagi

Sedang Uji Coba, Lewat Gerbang Tol Tak Perlu "Tap" Lagi
info gambar utama

PT Jasa Marga Tbk melakukan simulasi pembayaran gerbang tol (GT) tanpa sentuh berbasis radio frequency identification (RFID) atau single lane free flow (SLFF). Hal ini untuk meningkatkan layanan dan kenyamanan para pengguna jalan tol.

Rini M Soemarmo, Selaku Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), mengikuti kegiatan di GT Cengkareng dan GT Kapuk pada hari Jumat, 22 Maret 2019 kemarin.

”Kita uji coba dulu agar masyarakat nantinya nyaman memakai sistem ini. Untuk awal, internal BUMN dulu, kita uji coba dengan Damri dengan mobil Garuda. Saya menyambut baik inovasi dan upaya-upaya yang dilakukan oleh Jasa Marga sebagai operator jalan tol dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat atau pengguna jasa. Harapannya, tahun ini bisa dikomersialkan” ujar Menteri Rini yang dikutip dari Okezone.

Sumber : Liputan6
info gambar

Sistem ini adalah pengembangan dari teknologi sebelumnya, electronic toll collection (ETC). ”Sistem transaksi serupa sudah banyak diterapkan di berbagai negara guna menjamin kelancaran transaksi dan mengendalikan antrean. Dengan sistem ini, pengendara tidak perlu lagi menghentikan mobilnya di gerbang tol (GT) untuk melakukan tapping transaksi seperti saat ini,” kata Desi Arriyani, selaku Direktur Utama Jasa Marga.

Sebelumnya, Jasa Marga sudah pernah melakukan uji coba di Jalan Tol Bali Mandara secara terbatas pada 2018 dengan menggandeng perusahaan taksi Blue Bird.

--

Sumber : Okezone.com, Republika.co.id, Liputan6, Jasamarga

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini