Gandeng Fintech, Bukalapak Bantu Pembiayaan Warung Kelontong

Gandeng Fintech, Bukalapak Bantu Pembiayaan Warung Kelontong
info gambar utama

Bukalapak menjalin kerja sama dengan tiga lembaga pendanaan peer to peerlending (P2P Lending) yaitu Amartha, Modalku dan PohonDana dalam menyiapkan program Modal Mitra.

Modal Mitra merupakan program solusi pembiayaan untuk modal usaha yang diperuntukkan kusus bagi pemilik warung yang sudah bergabung sebagai Mitra Bukalapak guna mengembangkan usaha mereka.

Sigit Suryawan, Associate Vice President of Financing Solution Bukalapak, mengatakan, pihaknya ingin memberikan kemudahan kepada para pelaku usaha kecil yang ingin menaik kelaskan usahanya bersama Bukalapak.

"Modal Mitra ini dapat dimanfaatkan oleh para pemilik warung sebagai modal tambahan untuk membeli barang kebutuhan jualan warung sehingga jumlah dan variasi barang yang dijual semakin beragam,” jelas Sigit dikutip Warta Ekonomi di Jakarta, Senin (25/3/2019).

Foto: Bukalapak
info gambar

Ia menambahkan, “Hal ini akan menguntungkan bagi pemilik usaha warung yang memiliki keterbatasan modal untuk membeli barang secara tunai."

Dalam proses pengajuan Modal Mitra, Bukalapak mempermudah langkah yang harus dilakukan oleh para pemilik usaha warung. Mereka yang telah terverifikasi datanya ketika mendaftar sebagai Mitra Bukalapak dan aktif bertransaksi, dapat mengajukan pembiayaan di aplikasi Mitra Bukalapak dengan proses yang cepat.

Jika pengajuan disetujui, maka dana akan masuk ke Saldo Mitra pemilik warung. Dengan demikian, arus kas bisnis warung tidak akan bercampur dengan dana pribadi dan akan terkelola lebih baik.

Pembiayaan Modal Mitra yang ditawarkan kepada para pemilik warung saat ini mulai dari Rp1 juta hingga Rp10 juta Rupiah. Pemilik warung kemudian dapat memilih masa pengembalian atau tenor hingga 6 bulan dan dapat dicicil secara mingguan mulai dari Rp90 ribu Rupiah.

Bukalapak pada ujicoba program pembiayaan Ultra Mikro (UMi). Foto: istimewa/youngster.id
Bukalapak pada ujicoba program pembiayaan Ultra Mikro (UMi). Foto: istimewa/youngster.id

Modal Mitra yang diberikan oleh Bukalapak ini dapat digunakan untuk berbelanja barang-barang grosir kebutuhan jualan warung dan produk virtual di aplikasi Mitra Bukalapak.

“Kedepannya kami berharap dapat bekerjasama dengan banyak pihak yang mempunyai semangat yang sama dengan kami yaitu untuk mengarahkan pertumbuhan perekonomian Indonesia ke arah yang lebih baik," tutup Sigit.

Menurut laporan Katadata.co.id, Bukalapak mencatat ada lebih dari 2 juta transaksi setiap harinya. Pendapatan transaksi pada Kuartal IV- 2018 pun melampaui pendapatan selama satu tahun pada 2017.

Saat ini, Bukalapak memiliki 4 juta usaha kecil di seluruh Indonesia, 500 ribu warung sebagai Mitra Bukalapak, dan 700 ribu pelaku usaha mandiri. Sementara jumlah penggunanya 50 juta di Indonesia.


Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini