Tokopedia Bangun Pusat Pengembangan AI bareng Universitas Indonesia

Tokopedia Bangun Pusat Pengembangan AI bareng Universitas Indonesia
info gambar utama

Baru-baru ini, Tokopedia bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) meluncurkan pusat pengembangan kecerdasan buatan (AI), yang diberi nama Tokopedia-UI AI Center of Excellence.

Dengan mengadoosi teknologi super komputer dari NVIDIA Indonesia, jenis komputer yang digunakan pada pusat pengembangan tersebut adalah jenis super komputer deep learning NVIDIA® DGX-1

William Tanuwijaya, selaku CEO Tokopedia, menklaim bahwa teknologi yang mereka pakai tersebut pertama kali diadopsi di Indonesia.

Sumber : Katadata
info gambar

“Di Tokopedia, kami percaya bahwa teknologi seharusnya menjadi enabler yang memberdayakan masyarakat dan tidak menjadi disruptor,” ujar dia dalam siaran pers yang dikutip dari katadata.co.id.

Teknologi pada komputer itu diklaim dapat melakukan pelatihan data empat kali lebih cepat dibanding sistem berbasis GPU lainnya.
Ia berharap, pusat pengembangan ini dapat memotivasi para akademisi dan peneliti untuk memberikan solusi dari masalah yang ada di masyarakat dan industri teknologi, khususnya AI. Permasalahan yang biasa dialami contohnya pada industri e-commerce, seperti logistik, manajemen risiko, keamanan siber, serta pembayaran.

Sumber : Tempo.co
info gambar

Muhammad Anis, selaku Rektor UI juga menyampaikan, dengan adanya kolaborasi antara dunia pendidikan tinggi dengan industri ini dapat mencetak lulusan yang unggul dan siap berkompetisi secara global.

--

Sumber : Katadata

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini