Kilas Balik Logo Lawas TVRI

Kilas Balik Logo Lawas TVRI

Station ID TVRI (1990-1998) © Wikiwand

  • Melihat kembali logo-logo lawas TVRI.
  • Selain logo stasiun tv, TVRI juga memiliki logo-logo lain seperti logo mobil VTR, logo kamera, dan stastion ID.
  • Tercatat ada beragam logo yang telah diluncurkan TVRI sejak mengudara pada 1962.

Jumat (29/3) lalu, Televisi Republik Indonesia (TVRI) resmi meluncurkan logo barunya. Dengan desain yang lebih simpel dan didominasi warna biru-putih, menjadikan logo kedelapan TVRI tampak elegan dan kekininian.

Logo baru tersebut juga menambah panjang daftar logo yang pernah dipakai TVRI, sejak pertama kali mengudara pada 1962. Tercatat ada tujuh logo yang dipakai sebagai logo stasiun tv, dan logo-logo lain seperti logo mobil VTR, logo kamera, dan logo on-air yang pernah ikut menghiasi perjalanan stasiun tv pertama dan tertua di Indonesia ini.

Sudahkah kamu mengetahui bagaimana wujud logo-logo itu? Yuk mari bersama kita melihatnya kembali, bernostalgia bareng Good News from Indonesia!

Logo pertama TVRI

Logo pertama

Inilah logo pertama TVRI, yang mulai dipakai sejak 24 Agustus 1962. Selama 16 tahun lamanya TVRI memakai logo ini, dan baru menggantinya tepat ketika memasuki “masa remaja” pada 24 Agustus 1978.

Logo mobil VTR pertama TVRI

Logo mobil VTR TVRI

Logo ini terpampang di mobil VTR TVRI, yang digunakan di Asian Games 1962 sampai tahun 1971.

Logo kamera pertama TVRI

Logo kamera TVRI

Di rentang waktu yang sama pada Asian Games 1962 sampai tahun 1971, TVRI juga memakai logo khusus untuk kameranya, dengan bentuk tulisan latin berwarna biru.

Logo kedua TVRI

Logo kedua

Masih mempertahankan desain awal, kemudian ditambahkan wadah berwarna putih dan motif warna merah, hijau, biru di sisi kanan. Logo ini hanya dipakai selama empat tahun, mulai 24 Agustus 1978-24 Agustus 1982.

BACA JUGA: Helmy Yahya dan Formula Anti-Aging untuk TVRI

Logo ketiga TVRI, yang juga menjadi logo terlama yang dipakai

Logo ketiga

Inilah logo terlama yang dipakai TVRI. Dengan bentuk segilima berwarna hijau dan tulisan TVRI yang ikonik, logo ini terpampang di tayangan-tayangan TVRI selama 17 tahun! Sejak pertama dipakai pada 24 Agustus 1982, TVRI baru menggantinya pada 24 Agustus 1999. Logo ini juga digunakan sebagai logo on-air pada 1992-1995.

Logo on-air TVRI (1991-1995)

Logo on-air

Sebelum logo ketiga juga dipakai sebagai logo on-air, TVRI punya logo on-air khusus dengan warna merah, kuning, hijau, yang disusun secara horizontal. Logo ini dipakai tahun 1991-1995.

Station ID TVRI (1990-1998)

Logo station ID

Logo ketiga TVRI juga memiliki versi lain, yang dipakai di station ID tahun 1990-1998.

Logo keempat TVRI

Logo keempat

Font TVRI dari logo ketiga, berpadu dengan motif merah, hijau, dan biru dari logo kedua. Logo keempat TVRI hanya sebentar dipakai, dari 24 Agustus 1999 sampai 12 Juli 2001.

BACA JUGA: 5 Program Nostalgia TVRI

Logo kelima TVRI

Logo kelima

TVRI mulai meninggalkan motif garis lengkung berwarna sejak logo kelima. Hanya tulisan TVRI dengan garis tepi berwarna merah dan huruf berwarna putih. Logo ini hanya dipakai dua tahun, dari 13 Juli 2001 sampai 1 Agustus 2003.

Logo keenam TVRI

Logo keenam

Bentuk huruf dibuat lebih miring, dengan pembaruan huruf “V” yang diwarnai merah dan huruf “R” yang memiliki kaki lebih luwes. Warna biru di huruf T, R, dan I adalah perpaduan biru tua dan hitam. Logo ini dipakai pada 1 Agustus 2003 sampai 16 April 2007.

Logo ketujuh TVRI

Logo ketujuh

Warna merah dan biru kembali dipertahankan TVRI. Biru untuk seluruh warna huruf T, V, R, dan I, kemudian merah untuk warna boomerang di atasnya. Ini merupakan logo ketiga terlama yang dipakai TVRI, yakni selama 12 tahun. Tepatnya sejak 16 April 2007 sampai 29 Maret 2019.

Logo kedelapan TVRI

Logo kedelapan

TVRI semakin menegaskan niatnya untuk meninggalkan kesan kuno, dengan mengganti logo jadi lebih sederhana dan berkarakter kuat, seperti yang sedang diminati kawula muda saat ini. Peluncuran logo baru ini juga disertai dengan tagar #mediapemersatubangsa.

Pilih BanggaBangga56%
Pilih SedihSedih13%
Pilih SenangSenang13%
Pilih Tak PeduliTak Peduli13%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau6%

Artikel ini dibuat oleh Tim Redaksi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

LRT Jabodebek Pecahkan Dua Rekor Dunia Sebelummnya

LRT Jabodebek Pecahkan Dua Rekor Dunia

Nikmati Keseruan Wahana Permainan di Jakarta Fair 2019! Selanjutnya

Nikmati Keseruan Wahana Permainan di Jakarta Fair 2019!

0 Komentar

Beri Komentar