KIPIN Juga Hadir di Jambi

KIPIN Juga Hadir di Jambi
info gambar utama
  • Ekspansi berikutnya dari KIPIN, dengan mendarat di Jambi.
  • Di Jambi, KIPIN ditempatkan di SD-SMP Negeri Satu Atap Sungai Karang.
  • Adanya KIPIN dapat membuat sistem belajar-mengajar di sekolah tersebut jadi lebih efisien, karena tidak perlu menunggu waktu untuk mendapatkan buku cetak.

Senin, 18 Februari 2019, menjadi salah satu hari yang menggemberikan bagi SD-SMP Negeri Satu Atap Sungai Karang. Pasalnya, kedua sekolah yang menggunakan satu gedung yang sama ini kedatangan tamu spesial persembahan Yayasan Bakti Barito, yakni ATM bernama Kios Pintar (KIPIN).

KIPIN ATM merupakan perpustakaan versi digital yang berisi konten pembelajaran untuk anak sekolah dan pra-sekolah yang terdiri dari buku (e-book), video pendidikan, latihan soal dan komik literasi. Konten-konten tersebut tersedia untuk semua tingkatan, mulai dari SD, SMP, SMA dan SMK.

Di SD-SMP Negeri Satu Atap Sungai Karang, KIPIN yang tersedia hanya satu unit, tapi para siswa tak perlu khawatir berebut untuk mengaksesnya. Ini dikarenakan adanya Wi-Fi internal (eduSPOT) yang terdapat di tubuh KIPIN agar semua siswa dapat mengunduh seluruh konten KIPIN ke gawai masing-masing tanpa jaringan internet.

BACA JUGA: KIPIN Lanjutkan Perjalanan ke Gresik

Cara mengoperasikan KIPIN ATM sangat mudah, hanya dengan sentuhan pada layar sentuh tanpa perlu peralatan kabel lainnya seperti mouse atau semacamnya. Seluruh konten yang ada di dalam KIPIN ATM dapat diakses gratis tanpa internet (offline).

Penggunaan mesin KIPIN ATM sebagai media pembelajaran digital di SD-SMP Negeri Satu Atap Sungai Karang dinilai sangat tepat, karena jaringan internet di wilayah tersebut masih minim. Dengan adanya KIPIN ATM, pasokan materi pelajaran bagi siswa dan guru menjadi terpenuhi.

Siswa dan guru tidak perlu lagi mencari buku pelajaran dan latihan soal hingga ke kota untuk proses belajar atau mengajar. Cukup dengan mengakses KIPIN ATM dan mengunduh konten yang diperlukan, proses belajar mengajar sudah bisa dilakukan.

BACA JUGA: KIPIN Menembus Singapura

Apalagi dengan adanya video pendidikan dan komik literasi, siswa bisa mendapatkan penjelasan secara lebih mudah dan menarik mengenai materi pelajaran yang belum dipahami.

Kehadiran KIPIN ATM juga bermanfaat untuk menyeimbangkan kualitas pendidikan daerah 3T dengan pendidikan perkotaan. SD-SMP Negeri Satu Atap menjadi salah satu contoh sekolah yang berada di lokasi daerah terpencil, tapi tidak kalah dalam hal penggunaan teknologi untuk media pembelajaran.

Selain itu, dengan KIPIN ATM kini sekolah dapat memiliki pasokan materi pelajaran yang lengkap, sama seperti sekolah-sekolah perkotaan. Tidak perlu menunggu dalam jangka waktu yang sangat lama untuk mendapatkan buku-buku cetak karena keterbatasan akses lokasi.**

BACA JUGA: Setelah Surabaya, KIPIN Tebar Pesona di Jakarta

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini