Kita mengenal Durian, banyak dari kita yang suka sekali, tak sedikit pula yang langsung 'pusing' hanya sekedar mencium baunya. Inilah buah yang punya julukan mentereng, "Raja Buah". Di pulau Lombok, ada jenis durian yang berbeda, namanya pun begitu unik. Durian Gundul. Durian ini mengalami mutasi alam sehingga tak memiliki duri-duri di sekujur kulitnya seperti durian yang kita kenal. Ketiadaan durinya membuatnya mudah dibuka dengan tangan kita, pun tak akan beresiko luka.

Durian Gundul | FJB.kaskus.co.id
Durian Gundul | Kaskus.co.id

Buah Durian Gundul ini hanya dapat ditemukan di sebuah hutan di kawasan lindung Gunung Rinjani yang termasuk wilayah Desa Batu Mekar, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Bentuk buahnya sekilas seperti buah sukun yang sudah separuh dikupas kulitnya, ukurannya sebesar buah melon dengan hampir 1 kilogram. Saat sudah matang, buah ini mengeluarkan aroma khas durian. Ini memang durian, tapi tanpa duri. Rasa daging buahnya enak dan manis dengan kandungan gula 14 -15 derajat brix. Dagingnya memiliki tebal 0,5 cm, mirip daging buah durian lokal pada umumnya dan berwarna kuning terang dengan produktifitas dapat mencapai 200 - 400 kg/pohon/tahun. Tanaman ini mampu beradaptasi dengan baik di dataran rendah sampai sedang dengan ketinggian 250 - 700 dpl.

Twitter:: Nadirsyah Hosen
Durian Gundul Lombok | twitter Nadirsyah Hosen

“Buah ini satu-satunya di dunia. Di alam hanya ditemukan di sebuah hutan di kawasan lindung Gunung Rinjani, Kabupaten Lombok Barat. Dari puluhan ribu pohon durian di Indonesia yang saya datangi selama 25 tahun, ya baru kali ini saya menemukan buah ini. Bukan durian biasa, ada keanehan, unik dan bukan karena terserang penyakit,” kata Dr Ir M Reza Tirtawinata, pemburu durian (Durio zibethinus), Direktur R&D Mekarsari Research Station, Bogor. Dia merupakan pakar buah tropis Indonesia sekaligus anggota ISHS serta salah satu staf ahli bidang khusus Mekarsari.

Temuan buah gundulan di alam itu menunjukkan Indonesia memiliki keunikan dan keragaman yang begitu tinggi dibandingkan dengan negeri tetangga lainnya. Sampai sekarang belum ada laporan tentang keberadaan buah durian gundulan seperti yang ditemukan di Lombok itu, termasuk dari Malaysia, Brunei Darussalam, dan Thailand

Sumber: wisatalombok.co.id | tokoh.id | merdeka.com

Ada 1 komentar

Ayo ikutan juga