Generasi millennial merupakan generasi yang saat ini sedang menjadi primadona dalam berbagai bidang kehidupan manusia. Potensi generasi millennial yang sangat besar menjadi potensi sekaligus tantangan tersendiri bagi pengembangan sumber daya manusia maupun pembangunan sebuah peradaban.

Berdasarkan riset The Urban Millenials tahun 2017, di Indonesia sendiri dari jumlah 255 juta penduduk, terdapat 81 juta yang merupakan generasi millennial atau berusia 17-37 tahun.

Senyampang dengan fenomena Bonus Demografi maka di tahun 2020 mendatang, Indonesia pertama kalinya sejak merdeka akan memiliki jumlah penduduk usia produktif lebih besar daripada jumlah tidak produktif dan 50% dari usia produktif tersebut adalah generasi millennial.

“Melihat potensi generasi millenial yang cukup besar tersebut, maka dibutuhkan sebuah gerakan anak muda berbasis komunitas agar potensi tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik guna mendorong inovasi serta pembangunan di level daerah hingga pusat,” ujar Novy Setia Yunas selaku founder Ruang Inovasi.

Ruang Inovasi sebagai salah satu komunitas muda di kabupaten Jombang yang memiliki misi untuk mengembangkan dan mendorong ekosistem millennial di kabupaten Jombang, Minggu (24/3) menggelar Millenial Outlook Volume 1 dengan tema Kiprah Generasi Millenial Kabupaten Jombang di Bidang Sosial, Politik, Pendidikan dan Ekonomi Kreatif.

Acara ini menghadirkan Ahmad Athoillah selaku Staf Ahli Menristek Dikti dan founder Gerakan Santri Millennial, Dwi Saputri penggerak ekonomi Kreatif di bidang Make Up Artist dan Ahmad Abdul dari komunitas sinematografi Jombang.

Tak hanya sebagai forum diskusi, Millenial Outlook menjadi ajang silaturahmi diantara berbagai komunitas muda di Jombang mulai dari Badan Eksekutif Mahasiswa, OSIS se-kabupaten Jombang, Komunitas Anak Jombang, Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus dan masih banyak lainnya.

“Hari ini saya rasa menjadi tonggak gerakan millennial di Jombang. Jam 3 sampai jam 6 kita berada di Nest Coffee untuk berdiskusi bersama dalam Millenial Outlook. Setelah ini kita geser ke Kedai Djati untuk mengikuti acara Talkshow Millenial yang diselenggarakan oleh Komunitas Musik Jombang."

"Semangatnya sama, komitmennya sama, sehingga Ruang Inovasi memiliki gagasan mari kita buat Millenials Day di Jombang sebagai gerakan Millenial yang aktif, kreatif dan dinamis dalam mendorong inovasi di kabupaten Jombang,”papar Yunas dalam membuka acara Millenial Outlook.

Millennials Day digagas dan diinisiasi oleh Ruang Inovasi Kabupaten Jombang dalam rangka menggerakkan serta mengolaborasikan komunitas muda yang ada di kabupaten Jombang sesuai dengan passion yang dimiliki, agar ke depan generasi millennial dapat menjadi bagian dari inovasi serta pembangunan di Kabupaten Jombang.

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu