Dukung Pariwisata Lokal, NTT Akan Luncurkan Perpustakaan Digital, Bagaimanakah?

Dukung Pariwisata Lokal, NTT Akan Luncurkan Perpustakaan Digital, Bagaimanakah?

Sumba © Sumber: Toptier.id

Sebagaimana negara ini menggandakan upayanya untuk menarik lebih banyak wisatawan melalui berbagai cara, pemerintah Nusa Tenggara Timur (NTT) telah menyiapkan perpustakaan digital yang didedikasikan untuk sumber daya pada pariwisata lokal.

Kepala Badan Ekonomi dan Pariwisata Kreatif daerah, Watan Darmawa, mengatakan langkah seperti itu diharapkan dapat memberikan akses mudah ke orang-orang yang ingin belajar lebih banyak tentang keajaiban alam NTT, yang, pada gilirannya, akan meningkatkan pariwisata lokal.

Pantai Ling'al di Pulau Alor, NTT | Sumber: IDN Times
Pantai Ling'al di Pulau Alor, NTT | Sumber: IDN Times

"Kami sedang dalam proses membangun perpustakaan pariwisata digital, yang akan diisi hingga penuh dengan berbagai detail informasi tentang pariwisata di NTT,” ujar Watan mengatakan pada hari Selasa seperti dikutip oleh Antara.

Dia menambahkan bahwa potensi pengembangan digital yang cepat harus dimanfaatkan untuk mempromosikan pariwisata secara lebih efektif. Perpustakaan digital akan siap tersedia bagi para wisatawan potensial melalui smartphone yang didukung internet atau komputer, kata Watan.

“Turis yang berkunjung ke NTT akan memiliki akses ke "harta karun" informasi tentang sorotan alam dan budaya di wilayah tersebut."

Dia mengatakan perpustakaan digital juga akan berfungsi sebagai pusat informasi yang mempromosikan berbagai produk kerajinan tangan yang unik hasil olahan wilayah tersebut. Misalnya, informasi tentang Pantai Nemberala di Kabupaten Rote Ndao akan mempromosikan cinderamata buatan tangan di daerah tersebut seperti kain dan makanan tradisional.

Pulau Lapang | Sumber: Menatap Alor NTT
Pulau Lapang | Sumber: Menatap Alor NTT

Watan menambahkan bahwa perpustakaan digital diharapkan dapat meningkatkan pengalaman menjelajahi dan menemukan permata alam dan budaya di wilayah tersebut, mengikuti keluhan dari wisatawan tentang kurangnya referensi.

"Inisiatif perpustakaan digital akan melengkapi upaya kami yang berkelanjutan untuk mempromosikan pariwisata lokal di berbagai acara internasional."

Pulau Rote | Sumber: Wisataku.id
Pulau Rote | Sumber: Wisataku.id

Gubernur NTT Victor Laiskodat menyatakan optimismenya tentang prospek pariwisata ketika Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat disebut-sebut sebagai "Bali baru". Dia percaya bahwa pariwisata adalah satu-satunya sektor yang dapat memberikan pengembangan di provinsi ini peningkatan signifikan.

Selain Labuan Bajo, provinsi ini adalah rumah bagi banyak tujuan lainnya, termasuk Kupang, Alor, Rote, Ende, dan Sumba, serta yang paling populer Taman Nasional Komodo.


Sumber: Jakarta Post

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang100%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Pasangan Suami Istri di Kota Malang Ini Ubah Garasi dan Teras Rumahnya Jadi Perpustakaan Komunitas Sebelummnya

Pasangan Suami Istri di Kota Malang Ini Ubah Garasi dan Teras Rumahnya Jadi Perpustakaan Komunitas

Mengenal Lebih Dekat P2P Lending dan Fintech di Indonesia Selanjutnya

Mengenal Lebih Dekat P2P Lending dan Fintech di Indonesia

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.