• Bank Indonesia (BI) saat sedang melakukan uji coba sistem pembayaran tahap II untuk QR code, yaitu menjajaki percontohan kerja sama pembayaran dengan Singapura dan Thailand.
  • Nantinya QR code Indonesia bisa digunakan di Singapura dan Thailand pada semester II 2019.
  • Kerja sama Thailand dan Singapura karena banyaknya wisatawan Indonesia yang datang ke kedua negara tersebut.

Metode pembayaran di Indonesia, khususnya menggunakan Quick Respons (QR) code, mengalami perkembangan. Bank Indonesia (BI) saat ini tengah melakukan pengujian sistem pembayaran tahap II untuk QR Code.

BI juga mencoba percontohan kerja sama pembayaran dengan Singapura dan Thailand. Hal ini akan mempermudah masyarakat Indonesia saat bertransaksi di luar negeri nantinya.

Filianingsih Hendarta, selaku Asisten Gubernur/Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI mengungkapkan, nantinya QR code Indonesia bisa digunakan di Singapura dan Thailand pada semester II 2019.

"Nantinya implementasi standarisasi QR code Indonesia ini akan dilakukan pada semester II 2019, termasuk transaksi lintas batas," ujar Filianingsih dikutip dari detik.com.

Sumber: Lifewire

Hal ini dilakukan agar pengaturan dan pengawasan, serta perlindungan konsumen menjaga persaingan usaha dapat lebih mudah.

Kerja sama dengan Thailand dan Singapura ini dikarenakan banyaknya wisatawan Indonesia yang datang ke negara tersebut. Sudah ada 26 PJSP yang memfasilitasi pembayaran menggunakan Kode QR.

Untuk kerja sama sistem pembayaran Kode QR lintas batas dengan Thailand dan Singapura nanti, BI hanya akan melibatkan 19 PJSP. Mereka adalah yang memang aktif terlibat sejak proyek percontohan ini dimulai. Hal ini dikatakan oleh Deputi Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Ricky Satria.

--

Sumber : Detik Finance, Republika

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu