Indahnya Masjid Bandara NYIA

Indahnya Masjid Bandara NYIA

Masjid Al-Akbar NYIA © YouTube momotv

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠. Rekomendasi lain dari WHO

Bersamaan dengan akan dibukanya New Yogyakarta International Airport (NYIA) untuk minimum operasional bulan ini, masjid Al-Akbar juga ikut menunjukkan pesonanya. Ini merupakan masjid di bandara NYIA, menggantikan masjid Al-Hidayah yang dirobohkan pada 12 Desember 2018.

Masjid berbentuk setengah lingkaran atau dome ini dibangun di atas lahan seluas 760 meter persegi. Daya tampungnya bisa mencapai 600 jamaah, dan yang menarik adalah konsep eco-green yang diusung masjid Al-Akbar.

Tidak perlu AC untuk menyejukkan suhu di dalam masjid, karena ventilasi yang terpasang membuat aliran udara berjalan lancar. Angin dari laut pun dapat berhembus dan memberi kesejukan pada jamaah yang sedang beribadah di masjid Al-Akbar.

Selain itu masjid ini juga tahan gempa sebagai upaya mitigasi bencana. Lalu untuk interiornya masjid ini memakai ornamen desain batik krawung, dan di area luar sekeliling masjid akan dibangun taman hijau dan fasilitas penunjang lainnya.

New Yogyakarta International Airport direncanakan memulai minimum operasionalnya pada April 2019. Selain masjid Al-Akbar, fasilitas penunjang lain yang sedang dikebut pengerjaannya oleh bandara ini adalah stasiun kereta bandara di Kedundang.

BACA JUGA: Stasiun Kedundang Berdandan Jadi Kereta Bandara NYIA

Untuk penyelesaian sepenuhnya, bandara yang terletak di Kulon Progo ini ditargetkan rampung akhir tahun 2019. Nantinya NYIA akan dilengkapi dengan empat jembatan udara (skybridge) dan lahan parkir yang dapat menampung 342 mobil dan 7 bus.

Sejauh ini maskapai dari Turki, Qatar, Uni Emirat Arab, Jepang, dan Australia telah menyatakan minat untuk pindah ke NYIA, dari bandara lama di Adi Sutjipto. NYIA sendiri dirancang dapat menampung 300 slots pendaratan, kelak ketika dioperasikan sepenuhnya.


Sumber: NET. biro Yogyakarta, Jakarta Post

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah jika sakit
  5. Hindari menyentuh wajah
  6. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga75%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang13%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau13%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Inilah 4 PLBN yang Akan Dibangun Tahun 2019! Sebelummnya

Inilah 4 PLBN yang Akan Dibangun Tahun 2019!

Ketika Para Seniman Ajak Masyarakat Atasi Covid-19 Lewat Pertunjukan Di Dunia Maya Selanjutnya

Ketika Para Seniman Ajak Masyarakat Atasi Covid-19 Lewat Pertunjukan Di Dunia Maya

Aditya Jaya Iswara
@adityajoyo

Aditya Jaya Iswara

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.