Destinasi-destinasi Wisata Halal Terbaik 2019. Di Mana Posisi Indonesia?

Destinasi-destinasi Wisata Halal Terbaik 2019. Di Mana Posisi Indonesia?
info gambar utama

Konsep wisata halal, belakangan mulai diincar oleh berbagai wisatawan dunia. Tidak heran jika Pariwisata Indonesia serius menggarap destinasi wisata halal. Dan sepertinya, usaha tersebut mulai membuahkan hasil manis.

Beberapa waktu lalu, Indonesia ditetapkan sebagai destinasi wisata halal (halal tourism) terbaik dunia 2019 bersama dengan Malaysia yang mempunyai score sama. Penetapan ini berdasarkan standar Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019. Indonesia mampu mengungguli 130 destinasi dari seluruh dunia.

Sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia, Indonesia tercatat mengalami peningkatan secara berjenjang dari ranking enam pada 2015, ranking empat pada 2016, ranking tiga pada 2017, ranking dua pada 2018, dan akhirnya Indonesia menduduki peringkat pertama GMTI di 2019.

Tanah Lot | unsplash.com
Caption

"Indonesia satu-satunya negara yang paling progresif dalam mengembangkan destinasi halal tourism,: kata Fazal Bahardeen, CEO Crescent Rating, didampingi Direktur Mastercard Indonesia, Tommy Singgih, ketika menyampaikan report GMTI 2019 di Pullman Hotel Jakarta, Selasa pagi (9/4/2019), seperti dikutip CNBC Indonesia.

Dia menuturkan, upaya Indonesia untuk mencapai posisi terbaik dilakukan secara serius di antaranya dengan membuat Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) yang mengacu pada standar GMTI. Laporan GMTI menganalisis berdasarkan 4 kriteria penilaian strategis, yaitu Akses, Komunikasi, Lingkungan, dan Layanan. Maka IMTI juga mengadopsi hal serupa.

Selain itu, Indonesia juga kemudian gencar melakukan bimbingan teknis (bimtek) dan workshop 10 destinasi pariwisata halal unggulan di Tanah Air.

Direktur Mastercard Indonesia, Tommy Singgih, menjelaskan pasar wisata halal merupakan salah satu segmen pariwisata dengan tingkat pertumbuhan tercepat di seluruh dunia. Proyeksinya, pada 2020 kontribusi sektor pariwisata halal melonjak hingga 35% menjadi US$ 300 miliar terhadap perekonomian global atau meningkat dari US$ 220 miliar pada 2016.

Berikut adalah 10 besar negara destinasi wisata halal terbaik dunia versi GMTI 2019:

  1. Indonesia : 78
  2. Malaysia : 78
  3. Turki : 75
  4. Arab Saudi : 72
  5. Uni Emirat Arab : 71
  6. Qatar : 68
  7. Maroko : 67
  8. Bahrain : 66
  9. Oman : 66
  10. Brunei Darussalam : 65

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini