Indonesia Raih Posisi Terbaik sebagai Destinasi Wisata Halal 2019

Indonesia Raih Posisi Terbaik sebagai Destinasi Wisata Halal 2019
info gambar utama

Sempat berada di posisi ke-2 pada tahun lalu, Indonesia kini berhasil merebut posisi teratas dalam indeks Mastercard-Crescent Rating Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019.

Fazal Bahardeen, selaku CEO Crescent rating dan halal Trip, mengatakan bahwa hal ini dapat dicapai setelah melakukan beberapa upaya yang dilakukan kementerian pariwisata Indonesia dalam berinvestasi di Industri pariwisata dan perjalanan serta pengembangan infrastruktur ramah wisatawan muslim. "Setelah sebelumnya berada di peringkat kedua, tahun ini Indonesia menduduki posisi pertama dalam GMTI 2019, bersama dengan Malaysia, dengan skor 78," ujar Fazal yang dikutip dari Kompas.com

Beberapa tahun terakhir, Indonesia mengalami peningkatan secara berjenjang dari ranking 6 di tahun 2015, ranking 4 di tahun 2016, ranking 3 di tahun 2017, ranking 2 di ranking 2018, akhirnya Indonesia menduduki peringkat 1 GMTI di tahun 2019.

Sumber : El John News
info gambar

Fazal juga mengatakan bahwa Indonesia sangat berupaya dan serius untuk meraih posisi terbaik. Salah satunya membuat Indonesia Muslim Travel Indez (IMTI) yang berstandar GMTI. GMTI menganalisis berdasarkan 4 kriteria penilaian, yakni Akses, komunikasi, Lingkungan, dan Layanan.

IMTI pun juga mengadopsi hal yang sama, seperti gencarnya bimbingan teknis (bimtek) dan workshop 10 destinasi pariwisata halal unggulan di Tanah Air.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, juga mengapresiasi Mastercard–Crescent Global Muslim Travel Index yang memberikan penilaian tertinggi pada Indonesia. “Akhirnya, target yang kita impikan sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia tercapai. Ini membuktikan untuk mencapai kemenangan harus direncanakan,” kata Menpar Arief Yahya yang dikutip dari AntaraNews.

--

Sumber : Kompas.com, Antaranews

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini