• Peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-AS dimeriahkan dengan peluncuran prangko khusus.
  • Prangko tersebut diluncurkan di Aula Kantin Diplomasi, gedung Kementerian Luar Negeri RI, hari ini (10/4)
  • Terdapat enam prangko dengan gambar berbeda-beda yang masing-masing memiliki makna tersendiri.

Hubungan diplomatik antara Indonesia dan Amerika Serikat (AS) tahun ini memasuki usia ke-70. Untuk memperingati peristiwa bersejarah ini, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Republik Indonesia dan Kemlu AS mengadakan peluncuran prangko khusus di Aula Kantin Diplomasi, hari ini (10/4).

Terdapat enam prangko dengan gambar berbeda-beda, yakni logo angka 70 dengan siluet Tugu Monas dan Patung Liberty, ilustrasi jabat tangan dengan warna bendera AS dan Indonesia, foto bundaran HI di Jakarta, pemandangan New York Times Square di malam hari, serta dua prangko bergambar Penyu Belimbing di kabupaten Tambrauw, Papua Barat, dan Santa Monica Pier, Los Angeles.

Khusus untuk prangko bergambar Penyu Belimbing, spesies ini merupakan cerminan dari hubungan kemitraan yang melintasi samudra, di mana kedua negara berharap dapat terus berkolaborasi guna kesejahteraan masyarakat serta dunia.

BACA JUGA: 7 Start-Up Indonesia Sukses Pikat Investor di Amerika Serikat

Prangko-prangko tersebut akan dicetak sebanyak seribu buah, dan salah satunya ditempatkan di Museum Prangko Indonesia. Masing-masing prangko bernilai lima ribu rupiah.

Peluncuran prangko di Aula Kantin Diplomasi | Foto: Aditya Jaya/GNFI

"Saya optimis bahwa hubungan kedua negara akan terus tumbuh dan berkembang ke arah yang konstruktif dan saling menguntungkan," ujar Wakil Menteri Luar Negeri RI, Abdurrachman M. Fachir.

Sementara itu Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan, mengatakan,

"Kemitraan kita dibangun berlandaskan pada kesamaan nilai-nilai demokrasi dan kepentingan bersama, termasuk pendidikan, berbagi keahlian, serta berinovasi untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah."

BACA JUGA: Mahasiswa Amerika Datang Ke Witihama, Apa yang Dicarinya?

Hubungan diplomatik RI-AS dibuka secara resmi pada 28 Desember 1949 dan kini berada pada tahapan Strategic Partnership. Di peringatan yang ke-70 ini, Kemlu RI dan AS mengadakan program #IndonesiaUSA70th Youth Ambassadors, yang mengikutsertakan 10 pemuda-pemudi Indonesia berusia 18-25 tahun dari berbagai latar belakang budaya, untuk belajar lebih dalam tentang hubungan bilateral Indonesia dan AS.

Dubes AS untuk RI, Joseph R. Donovan (tengah) | Foto: Aditya Jaya/GNFI

Untuk memeriahkan peringatan 70 tahun hubungan bilateral RI-AS juga telah direncanakan sejumlah kegiatan di Indonesia dan AS, yang masing-masing akan dilakukan oleh perwakilan RI di AS dan perwakilan AS di Indonesia.

Kegiatan di Indonesia dan AS akan dilaksanakan di berbagai kota, bekerja sama dengan berbagai universitas dan pemerintah daerah. Seluruh kegiatan tersebut ditujukan untuk membangun dan menguatkan hubungan kedua negara, untuk merangkul dan mendidik masyarakat, serta menguatkan pondasi kerja sama RI-AS demi generasi mendatang.***

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu