#SayaTidakMemilih di Pemilu 2019, Kata Si Juki. Kenapa?

#SayaTidakMemilih di Pemilu 2019, Kata Si Juki. Kenapa?
info gambar utama
  • Si Juki mengadakan gerakan #SayaTidakMemilih di Pemilu 2019.
  • Gerakan ini mengajak masyarakat untuk tidak memilih atau golput, pada calon pemimpin yang kriterianya tidak layak.
  • #SayaTidakMemilih dipopulerkan lewat media sosial dan komik Si Juki.

Karakter komik karya Faza Meonk, Si Juki, jelang Pemilu 2019 mengadakan gerakan #SayaTidakMemilih. Gerakan ini mengajak masyarakat untuk tidak memilih dan menjadi golput.

Lho, kenapa begitu?

Tenang, Kawan GNFI. Maksud Si Juki bukan tidak memilih di Pemilu nanti, tapi tidak memilih pemimpin yang kriterianya tidak layak. Dalam siaran persnya, Juki memberikan ciri-ciri pemimpin yang seharusnya tidak dipilih, seperti eks napi korupsi, calon yang hanya mengumbar janji dan pencitraan, serta calon yang suka memecah belah rakyat.

Komik Si Juki edisi #SayaTidakMemilih | Foto: PIONICON
info gambar

Gerakan politik ini dideklarasikan Si Juki melalui akun media sosial dan komik edukasi politik yang dirilis oleh penerbit Bukune di berbagai toko buku di Indonesia. Melalui gerakan #SayaTidakMemilih, Si Juki justru mengajak masyarakat untuk lebih kritis dalam menentukan pilihan.

Dalam buku komik ini, Si Juki juga menghadirkan sesuatu yang spesial yaitu berkolaborasi dengan tokoh komik lainnya seperti Juleha dan Mang Awung. Selain itu dalam komik ini juga ada karakter Raisah karya Tosan Aji.

Kaver komik Si Juki edisi #SayaTidakMemilih | Foto: PIONICON
info gambar

Kolaborasi dalam komik ini semakin ramai dengan kehadiran karakter dari dua Webtoon ternama yaitu Pak Guru Inyong karya Anggoro Ihank dan Ngopi Yuk! karya Sisifafa & Romy Hernadi.

Kisah komedi ringan khas Si Juki dan para karakter komik lainnya yang tampil di komik #SayaTidakMemilih membuat komik ini bisa dinikmati oleh semua kalangan. Tidak hanya oleh masyarakat yang sudah memiliki hak pilih saja, buku ini juga bisa dibaca oleh anak-anak. Oleh karena itu, buku ini diharapkan bisa membawakan edukasi tentang politik kepada semua lapisan masyarakat.

Ilustrasi Si Juki #SayaTidakMemilih | Foto: PIONICON
info gambar

Ini bukan pertama kalinya Si Juki melakukan gerakan di dunia politik. Sebelumnya pada tahun 2014 Si Juki mencalonkan diri sebagai calon presiden alternatif dalam gerakan #BeraniBeda. Saat itu Si Juki mengajak para pemilih pemula untuk memahami mekanisme Pemilu dengan cara kreatif.**

Ilustrasi Si Juki edisi #SayaTidakMemilih | Foto: PIONICON
info gambar

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini