Bila surga hadir di permukaan bumi, boleh jadi Halmahera Selatan adalah salah satunya. Kabupaten yang berlokasi di Provinsi Maluku Utara ini adalah salah satu surga di belahan timur Indonesia. Sayangnya, tidak banyak orang mengetahuinya.

Lazimnya khalayak wisata Indonesia Timur akan menoleh ke Bunaken di Sulawesi Utara, Wakatobi di Sulawesi Tenggara, Taman Laut Banda di Maluku, ataupun Raja Ampat di Papua Barat.

Lalu bagaimana dengan Halmahera Selatan?

Alih-alih mengetahui keindahan alam Halmahera Selatan, sisi yang lebih populer dari kabupaten ini justru adalah Batu Bacan.

Namun, sejatinya Halmahera Selatan bukan hanya Batu Bacan. Di dalamnya ada tebaran keindahan panorama alam, ada warisan sejarah masa silam, ada variasi kuliner yang tak ditemukan di tempat lain, hingga ragam kesenian khas yang membuktikan bahwa daerah ini adalah juga ‘sesuatu.’

Di Pulau Bacan juga terdapat peninggalan budaya kolonial maupun warisan Kesultanan Islam Bacan.

Untuk kuliner khas Pulau Bacan adalah kekhasan Halmahera Selatan yang lain. Kearifan lokal penduduk dalam memproduksi olahan ikan seperti ikan asap yang sangat disukai wisatawan. Selain itu ada pula 19 varian sambal yang berbeda jenis namun sedap rasa.

Ini merupakan faktor-faktor yang mewajibkan para wisatawan untuk mencatat Halmahera Selatan dalam daftar rencana kunjungan apalagi dimakan saat tengah berada di tengah hutan.

Sumber: indonesiana.tempo.co

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu