Mengenal Salah Satu Makanan yang Popular in Jaman Majapahit

Mengenal Salah Satu Makanan yang Popular in Jaman Majapahit
info gambar utama

Kerajaan Majapahit merupakan satu satu kerajaan di nusantara yangmasyhur di masa lalu. Kerajaan yang berpusat di Trowulan (kini masuk wilayah Mojokerto, Jawa Timur ini) memiliki pengaruh luas hingga ke negara-negara yang kini menjadi wilayah negara lain di Asia Tenggara. Kekuasaannya pun tergolong cukup lama, menurut sejarah, kerajaan besar ini lahir pada tahun 1293 M, dan runtuk sekitar tahun 1520 M, artinya hampir 2.5 abad (bandingkan dengan negara Indonesia yang 'baru' 74 tahun).

Kita banyak mengenal peninggalan Majapahit, prasasti-prasastinya, bekas kraton dan candi-candinya, namun...jarang dari kita yang mengenal makanan orang Majapahit. Seperti kita juga yang menyukai banyak makanan, ada banyak makanan khas Majapahit yang dulu populer di jamannya. Meski begitu, bukan hal yang mudah untuk menemukan bukti autentik resep-resep tradisi Kerajaan Majapahit. Di sejumlah prasasti yang ditemukan di era awal 900 Masehi hingga 940-an Masehi, termasuk sejumlah karya sastra lain yang menyebutkan tentang adanya makanan yang disajikan pada masa Majapahit bahkan sebelumnya, untuk acara-acara besar di masa itu.

Jukut Harsyan | sumber gambar: Dewisundari.com
info gambar

Dari berbagai referensi sejarah, kuliner khas kerajaan Majapahit disebut mempunyai kemiripan dengan kuliner Bali yang kita kenal sekarang, hal ini tentu saja karena dulu banyak orang Majapahit yang menyeberang ke Bali menjelang keruntuhannya.

Nah, ada salah satu yang menarik perhatian penulis, yakni Jurkut Harsyan. Hidangan ini terdiri dari sup yang terbuat dari daging bebek dan potongan-potongan batang pisang muda. Batang pisang muda dipakai untuk menetralisir kolestrol tinggi yang terdapat pada daging bebek. Hidangan jukut hingga kini masih banyak ditemukan di Bali. Di masa itu, masyarakat Majapahit mempunyai cara sendiri untuk membuat masakannya harum dan dapat tercium dari kejauhan, yakni mencampurkan kemenyan dalam hidangan ini. Bumbu-bumbu Jurkut Harsyan ini menggunakan seruas kencur, yang melambangkan Yudhistira, 4 ruas lengkuas yang melambangkan Bima, dan 3 ruas kunyit yang melambangkan Arjuna.

(Sumber: Jawapos.com | DewiSundara.com | Suara.com)

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini