Luber Jurdil 2019 - GoodTalk Offline Session Vol.2

Luber Jurdil 2019 - GoodTalk Offline Session Vol.2
info gambar utama

12 April 2019 kemarin, Good News From Indonesia menggelar acara “Good Talk : Offline session Vol.2” dengan tema “Luber Jurdil 2019”. Pada GoodTalk Vol.2 ini, GNFI mengajak para peserta acara untuk berdiskusi dan membahas “Good News” dari Pemilu 2019, yakni adanya sebuah aplikasi yang diciptakan anak muda di Surabaya yang dapat menganalisa sebuah pesan yang disampaikan calon peserta pemilu. Aplikasi tersebut bernama Speaktograph.

Speaktograph diciptakan karena kegelisahan dan sengitnya debat kusir tentang pilpres yang ada di media (televisi) maupun online (media sosial). Debat kusir tersebut yang menurut mereka endless dan pointless membuat tim dari Speaktograph tergerak. Mereka menghadirkan Speaktograph untuk menilai debat, diskusi, presentasi secara objektif dan terukur. Objektif karena penilaianya dilakukan oleh aplikasi yg itu netral dan terukur karena munculkan metrik sebaik mungkin.

Dibutuhkan 2,5 bulan bagi Abdullah Aufa Fuad, Magister Nanoscience di University of Lyon, Prancis, untuk membuat Speaktograph. Aplikasi tersebut digunakan untuk menganalisis debat pilpres 2019.

Hasil yang didapatkan setelah menggunakan Speaktograph ada empat kategori, yakni total kata diucapkan, kata unik, frekuensi jeda, dan ambil napas.

Berbeda dengan Google Translate, Speaktograph dapat menghitung berapa kali kata terucap. Kata-kata tersebut dapat menjadi sesuatu yang ditekankan oleh pembicara.

Hasilnya juga sangat mudah dipahami, yaitu dalam berupa ranking dan grafis.

Tidak hanya dapat menghitung total kata, namun juga dapat membaca tingkat optimisme atau pesimisme pada suatu kalimat yang diucapkan oleh pembicara. Hal ini karena mereka menggandeng seorang psikolong untuk mengelompokkan kalimat tersebut.

Selain Aufa, hadir pula perwakilan dari KPU Surabaya pada acara yang dihelat di Satu Atap Co-Working Space - Surabaya. Beliau berpesan kepada para milenial untuk jangan golput pada pemilu 2019 ini. Kenali calon-calon wakil rakyat sebelum memilih pada tanggal 17 April 2019.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini