Satu Bulan Menuju Rampungnya Stadion Papua Bangkit

Satu Bulan Menuju Rampungnya Stadion Papua Bangkit
info gambar utama
  • Mei 2019, stadion Papua Bangkit akan selesai dibangun.
  • Stadion ini nantinya akan dipakai sebagai venue PON XX 2020 dan kandang klub Persipura Jayapura.
  • Progres pembangunan saat ini sudah 99,2%

Stadion Papua Bangkit yang merupakan salah satu tempat digelarnya PON XX 2020 akan rampung dibangun Mei 2019. Keterangan tersebut disampaikan presiden Joko Widodo, saat menemui korban banjir bandang di Sentani awal bulan ini.

“Saya lihat kesiapannya ini nanti bulan apa selesai, Mei selesai. InsyaAllah Mei selesai,” ujar Jokowi, dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet.

BACA JUGA: 5 Stadion di Indonesia yang Bergaya ala Stadion Eropa

Stadion berkapasitas sekitar 40.000-45.000 penonton ini sekarang sedang dalam tahap penyelesaian lintasan lari. Dikarenakan curah hujan yang tinggi, rencana awal selesai proyek pada bulan April harus diundur ke bulan Mei. Ini lantaran pemasangan lintasan harus mendapat panas alami dari matahari selama tiga jam.

"Stadion Papua Bangkit sudah 99,2%. Kita terganggu di curah hujan yang sangat tinggi. Itu sangat mengganggu untuk pemasangan lintasan. Kemarin saat presiden tinjau saja mendung. Itu kalau habis diaspal harus dapat panas alami sampai tiga jam, pemanasan secara alami," terang Plt. Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) provinsi Papua, Daud Ngabalin, dikutip dari KOMPAS.com.

Desain stadion Papua Bangkit | Foto: bolastylo
info gambar

Pengerjaan lintasan lari turut dibantu oleh tenaga ahli dari luar negeri. Menurut keterangan Daud Ngabalin, ada satu orang dari Korea Selatan, satu orang dari India, dan dua orang dari Tiongkok yang didatangkan untuk mengerjakan proyek lintasan lari.

BACA JUGA: Resmi, Akhirnya Persija Akan Punya Stadion Kelas Dunia

Dibangun di atas lahan seluas 13 hektare, stadion Papua Bangkit luasnya mencapai 71.697 meter persegi. Pembangunannya dilakukan oleh PT. Pembangunan Perumahan (Persero) yang sudah dilakukan sejak 2016. Nilai kontrak pembangunannya mencapai Rp 1,3 triliun, yang murni didanai oleh APBD Papua.

Jika sudah selesai dibangun, stadion yang terletak di Kampung Harapan, distrik Sentani Timur, kabupaten Jayapura, ini rencananya juga akan dipakai oleh klub Persipura Jayapura. Persipura sendiri saat ini masih berkandang di stadion Mandala, Jayapura.


Sumber: properti.kompas.com, bolastylo.com, regional.kompas.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini