Tepat 14 Maret 2019, Seluruh dunia serentak menyambut World Kidney Day, dengan kepedulian terhadap kesehatan ginjal. Suatu gerakan diinisiasi, yaitu Kesehatan Ginjal Untuk Semua.

Di Surabaya, diluncurkan aplikasi kesehatan terkait penanganan akses hemodialysis untuk pasien penyakit ginjal kronis oleh Founder/Conceptor-nya, dr.Niko Azhari Hidayat SpBTKV(K)VE FIHA, Staf Dosen Bedah TKV RS Universitas Airlangga, Surabaya.

Bersama Komunitas Pasien Cuci Darah Indonesia (KPCDI) dan Komunitas pasien Hidup Ginjal Muda (HGM) yang aktif berkomunikasi di Social media.

Apakah itu AV Shunt Indonesia?

Sebelum mengenal AV Shunt Indonesia lebih jauh, perlu dipahami tentang AV Shunt, ialah suatu cara atau prosedur akses hemodialysis yang dipersiapkan oleh dokter bidang bedah Vaskular (Bedah TKV), sehingga proses cuci darah (hemodialysis) akan berlangsung secara optimal.

A: berasal dari kata Arteri

V: berasal dari kata Vena

Shunt: berarti pintasan atau sambungan, yang dilakukan dengan penjahitan khusus demikian hingga tercipta aliran yang dapat nantinya menjadi sarana cuci darah pada pasien dengan gangguan ginjal yang semakin banyak di Indonesia.

AV Shunt Indonesia merupakan media aplikasi informasi, komunikasi, konsultasi interaktif dan solutif terhadap permasalahan di Indonesia. AV Shunt Indonesia, oleh dr. Niko, diawali dengan mempersiapkan secara konsep dengan matang, memang diinisiasi karena sering menemui permasalahan akses hemodialysis seperti infeksi, perdarahan & kegagalan.


Sumber: AV Shunt Indonesia (www.avshuntindonesia.com)

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu