Di Lomba Ini, UI Sejajar dengan Stanford dan Harvard University

Di Lomba Ini, UI Sejajar dengan Stanford dan Harvard University
info gambar utama
  • Universitas Indonesia menorehkan prestasi membanggakan di sebuah lomba pemrogaman.
  • Lomba tersebut bernama Association for Computing Machinery International Collegiate Programming Contest (ACM ICPC)
  • Tim UI menempati peringkat ke-21, sejajar dengan Stanford dan Harvard University.

Tiga mahasiswa Universitas Indonesia (UI) sukses menduduki peringkat ke-21 (compressed rank by number of problem solved) di kompetisi pemrogaman bergengsi dunia, Association for Computing Machinery International Collegiate Programming Contest (ACM ICPC).

Ketiga mahasiswa tersebut adalah Muhammad Ayas Dzulfikar (Ilmu Komputer, 2015, Degoldie Sonny (Ilmu Komputer, 2016), dan Inigo Ramli (Ilmu Komputer, 2018). Mereka didampingi oleh Denny PhD selaku dosen pembimbing.

Mereka membuat UI berdiri sejajar dengan universitas-universitas ternama dunia, seperti Harvard University, Stanford University, dan 17 perguruan tinggi lainnya. Ajang final ACM ICPC berlangsung pada 31 Maret-5 April 2019 di Porto, Portugal.

BACA JUGA: Pertama dan Satu-satunya, Jurusan S2 Penerbangan di Indonesia

ACM ICPC merupakan kompetisi pemrograman komputer yang diikuti oleh universitas-universitas di dunia. Masing-masing tim yang terdiri dari tiga mahasiswa berusaha menyelesaikan masalah-masalah komputasi dan algoritma yang harus diselesaikan dalam waktu yang telah ditetapkan dalam waktu lima jam non-stop.

Ketiga mahasiswa UI tersebut berhasil menyelesaikan permasalahan pemrograman yang diberikan dan berhasil meraih perolehan skor 815 poin berdasarkan catatan scoreboard ICPC World Finals.

Para mahasiswa UI berhasil melanjutkan perjuangannya ke tingkat dunia setelah memenangkan seleksi regional terlebih dahulu di kawasan Asia Pasifik. Pada ajang final tingkat dunia, terdapat 135 tim dari berbagai negara yang ikut bertanding.

BACA JUGA: Universitas Indonesia Raih Peringkat ke-80 Dunia dari Times Higher Education

Pencapaian ini tentunya tidak lepas dari kerja keras dan persiapan yang matang dan konsisten yang dilakukan oleh para mahasiswa UI tersebut.

Diharapkan upaya ini semakin meningkatkan nama baik UI khususnya dan Indonesia di kancah internasional serta semakin menambah deretan prestasi anak bangsa di dunia internasional.**

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini