Inilah 10 Sungai Terpendek di Dunia, yang Terpendek ada di Indonesia

Inilah 10 Sungai Terpendek di Dunia, yang Terpendek ada di Indonesia

Salah satu sungai terpendek dunia © Lake Garda Boat Trips and Lake Garda Tours - Beeboatservice

  • Sungai adalah air yang mengalir konstan dari sumber-sumber dataran tinggi, dan berakhir di laut, danau atau lahan basah.
  • Dari sepuluh sungai terpendek, lima ditemukan di Eropa, empat di Amerika, dan satu di Asia
  • Sungai Tamborasi di Kolaka, Sultra adalah salah satu sungai terpendek di dunia, dengan panjang 20 m dan lebar 15 m

Mungkin ada yang bertanya, kalau memang begitu pendek, lalu mengapa disebut sungai? Jawabannya adalah karena airnya mengalir konstan dari sumber-sumber dataran tinggi, dan berakhir di laut, danau atau lahan basah. Ada danau yang memiliki kadar air lebih tinggi dari sungai-sungai ini. Dari sepuluh sungai terpendek, lima ditemukan di Eropa, empat di Amerika, dan satu di Asia. Data ini dikompilasi oleh WorldAtlas.com, dari Guiness Book of Records, yang menghentikan kategori ini pada 2006.

Sungai Tamborasi

Terletak di Desa Tamborasi, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara, Sungai Tamborasi merupakan sungai yang berukuran sangat pendek, hanya mempunyai panjang 20 meter dan lebar 15 meter.

Sungai Tamborasi | gocelebes.com
Caption

Sungai ini terkesan seperti sebuah danau, tetapi aliran air yang mengalir membuktikan bahwa ini adalah sungai. Air sungai yang berasal dari sebuah mata air yang berada diantara bebatuan tebing yang segar, berwarna hijau dan air sangat tenang sekilas mirip dengan air danau tetapi sejatinya air disini mengalir. Hulu di Sungai ini berhubungan langsung dengan laut Pantai Tamborasi.

Sungai Kovasselva

Sungai Kovasselva Norwegia ini dimulai di Danau Kovassvatnet dan berakhir di laut Norwegia, mengalir hanya 22 m. Ditemukan di Hitra, pulau terbesar ketujuh di Norwegia.

Sungai Reprua

Sungai Reprua | wikimedia.org
Caption


Mengalir sepanjang 27 m, inilah Sungai Reprua di Georgia. Dimulai dari mata air di Gua Krubera, sungai ini adalah yang terdalam di dunia dengan kedalaman lebih dari 2.300 m, dan memiliki laju aliran air 2.000 l per detik; mengalir ke Laut Hitam.

Sungai Ombla
Sungai Ombla di Kroasia mengalir sejauh 30 meter ke Teluk Rijeka Dubrovacka di Laut Adriatik. Sumber sungai adalah aliran air tanah, disuplai oleh aliran Trebisnjica, dan memiliki cekungan drainase 600 kilometer persegi. Ombla memasok air minum ke Dubrovnik, kota yang begitu terkenal karena serial TV populer Game of Thrones , kota terdekatnya.

Sungai Jezernica
Jezernica adalah salah satu dari 59 sungai di Slovenia, merupakan anak sungai dari Idrijca yang lebih besar yang bermuara di Laut Adriatik. Jezernica yang panjangnya hanya 55 meter dan berasal dari Danau Liar, yang merupakan danau dan mata air karst dengan sumber air bawah tanah.

Sungai Roe

Sungai Roe | wikimedia.org
Caption


Mengalir di Montana, Amerika Serikat, Sungai Roe dimulai di Giant Springs dan berakhir sebagai anak sungai Missouri. Sungai Roe memiliki panjang 61 m dan kedalaman hingga 2,4 m.

Sungai Los Patos
Los Patos juga panjangnya 61 m dan mengalir ke Laut Karibia di pantai Barahona yang merupakan tujuan wisata populer. Los Patos yang berarti bebek dinamai demikian karena sejumlah besar burung yang awalnya ditemukan di sungai ini, sebelum mereka diburu hingga punah. Bebek musk telah diperkenalkan kembali sehingga sungai bisa hidup sesuai dengan namanya.

Sungai D
Sungai D berasal dari Danau Setan dan mengalir ke Samudra Pasifik. Mengalir sejauh 130 meter, dalam batas kota Lincoln City di Oregon, AS, yang merupakan rumah bagi dua festival layang-layang terbesar di dunia, pada musim semi dan gugur.

Sungai Azuis
Sungai Azuis atau Sungai Blue mengalir sejauh 147 m di kota Aurora do Tocantins, Brasil. Sumbernya adalah mata air bawah tanah, dan airnya yang jernih mengalir di atas dasar sungai berbatu dengan laju aliran sekitar 11.000 l air per detik.

Sungai Aril

Sungai Aril | visitmalcesine.com
Caption


Sungai Aril disebut 'sungai Ri' oleh penduduk setempat, dimulai di Cassone, sebuah desa kecil di Italia. Mengalir sejauh 175 meter, sungai melewati tiga jembatan dan melewati air terjun kecil, sebelum berakhir di Danau Garda, danau terbesar di Italia.

Peringkat Sungai Panjang
1 Tamborasi , Indonesia 20 meter
2 Kovasselva , Norwegia 20 meter
3 Reprua , Georgia 27 meter
4 Ombla , Kroasia 30 meter
5 Jezernica , Slovenia 55 meter
6 Roe , Montana, AS 61 meter
7 Rio Los Patos, Rep Dominika 61 meter
8 D , Oregon, AS 130 meter
9 Azuis , Brasil 147 meter
10 Aril , Italia 175 meters

Sumber : WorldAtlas.com | Gocelebes.com

Pilih BanggaBangga28%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang20%
Pilih Tak PeduliTak Peduli8%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi8%
Pilih TerpukauTerpukau38%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Demi Pemilu 2019 : Dari Basah sampai Naik Gajah Sebelummnya

Demi Pemilu 2019 : Dari Basah sampai Naik Gajah

10 Kota Ramah Vegan di Dunia Versi The Vegan Word Selanjutnya

10 Kota Ramah Vegan di Dunia Versi The Vegan Word

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.